Bayern Munchen Bersaing dengan Liverpool Ikut Buru Xabi Alonso

JAKARTA - Pelatih Bayern Munchen, Thomas Tuchel, terancam pemecatan. Kekalahan dua kali beruntun dalam tempo lima hari membuat posisi Tuchel berada di ujung tanduk. Klub pun siap bersaing dengan Liverpool memburu pelatih Bayer Leverkusen, Xabi Alonso.

Kalah 0-3 melawan Leverkusen di Bundesliga 2023/2024 dan dihajar Lazio 0-1 di laga pertama 16 besar Liga Champions 2023/2024 membuat rapor Tuchel langsung merah. Pencapaian buruk itu menjadi sinyal Bayern bakal mengakhiri musim ini tanpa trofi.

Sebelumnya, Bayern sudah tersingkir di DFB Pokal atau Piala Jerman. Begitu pula Piala Super Jerman gagal diraih setelah kalah telak 0-3 lawan RB Leipzig.

Kekalahan dari Leverkusen sesungguhnya sudah membuat posisi Tuchel terancam. Situasi itu kemudian diperburuk dengan kekalahan di Olimpico saat menghadapi Lazio.

Meski Bayern masih berpeluang lolos ke perempat final karena laga kedua digelar di kandang sendiri, Tuchel kemungkinan besar tak terselamatkan.

Pemecatan Tuchel sepertinya tinggal menunggu waktu. Bayern pun sudah membidik Alonso untuk menggantikan Tuchel. Kinerja eks gelandang Spanyol ini memang apik. Dirinya sukses mengangkat performa Leverkusen.

Kini Leverkusen bertengger di puncak klasemen Bundesliga 2023/2024. Mereka pun sudah unggul lima poin dari Bayern yang menduduki peringkat kedua.

Leverkuen juga masih bertahan di Piala Jerman maupun Liga Europa. Di bawah Alonso, Leverkusen juga tercatat belum pernah kalah dalam satu musim ini.

Alonso sendiri sesungguhnya sudah diincar Liverpool yang bakal ditinggalkan Manajer Jurgen Klopp. Mantan pemain Liverpool pada 2004 hingga 2009 ini diharapkan bersedia kembali ke Anfield.

Harapan memboyong Alonso kian menggema setelah fans mendukung rencana tersebut. Dari sebuah survei yang dilaksanakan YouGov, Alonso menempati peringkat pertama.

Tercatat 63% responden menyatakan keinginannya Liverpool merekrut Alonso. Disusul eks kapten The Reds, Steven Gerrard. Namun, Gerrard hanya mendapat dukungan 18%.

Hanya saja, tak mudah bagi Liverpool memboyong Alonso. Sampai saat ini, Alonso tak memberi respons soal tawaran dari eks klubnya. Leverkusen pun belum bersedia melepas pelatih berusia 42 ini.

Selain itu, Bayern bakal menjadi pesaing serius Liverpool. Apalagi, Alonso bukan sosok asing bagi Die Roten. Dirinya pernah bermain di Bayern pada 2014 hingga 2017.

Tuchel sendiri berusaha keras membangkitkan kepercayaan diri pemain. Mantan Manajer Chelsea ini berharap Bayern siap bangkit ketika menghadapi VfL Bochum dan Leipzig di kompetisi domestik.