Dramatis, Gol Menit Terakhir Icardi Menangkan Galatasaray Atas Sparta Prague
Galatasaray secara dramatis mengalahkan Sparta Prague di pertandingan pertama play-off Liga Europa. (X/@EuropaLeague)

Bagikan:

JAKARTA - Galatasaray secara dramatis meraih kemenangan 3-2 atas Sparta Prague di pertandingan pertama babak play-off Liga Europa. Dalam duel di kandang Galatasaray di Stadion Rams Global, Jumat, 16 Februari 2024 dini hari WIB, kemenangan tuan rumah ditentukan Mauro Icardi di menit terakhir.

Galatasaray menjadi kuda hitam yang layak diperhitungkan saat berlaga di Liga Europa. Klub Turki itu pula yang menyingkirkan Manchester United di ajang Liga Champions.

MU pun mengakhir pertarungan di Liga Champions dengan menduduki dasar klasemen. Sedangkan Galatasaray yang lolos ke play-off Liga Europa setelah merebut posisi ketiga di klasemen akhir penyisihan grup.

Dalam duel di play-off, Galatasaray sesungguhnya mengawalinya dengan sangat baik. Mereka unggul lebih dulu melalui Kerem Demirbay di menit 19. Dirinya sukses menyelesaikan assist Icardi.

Setela unggul, Galatasaray tetap bermain agresif dengan menekan pertahanan lawan. Namun tidak ada gol yang teripta sehingga tuan rumah menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0.

Di babak kedua, Sparta Prague mencoba bangkit. Mereka tampil ofensif dan langsung memberi hasil setelah gelandang

Angelo Preciado mencetak gol saat laga baru berjalan dua menit.

Namun Galatasaray kembali menekan lawan. Lewat sebuah serangan, tuan rumah akhirnya kembali unggul 2-1 setelah bek Sparta Ladislav Krejci membuat gol bunuh diri di menit 61.

Sayangnya hanya berselang satu menit, Galatasaray harus kehilangan bek Victor Nelsson yang mendapat kartu merah. Nelsson melakukan pelanggaran keras terhadap Jan Kuchta yang berujung diusirnya dia oleh wasit.

Keputusan wasit sempat mendapat protes keras dari pemain Galatasaray. Namun wasit Alejandro Hernandez tetap pada keputusannya.

Bahkan wasit asal Spanyol merasa perlu meninjau insiden provokasi pemain Galatasaray lewat VAR. Beruntung bagi Galatasaray karena tidak ada pemain yang ikut dikartu merah karena protes.

Keunggulan jumah pemain dimanfaatkan dengan baik oleh Sparta. Mereka berusaha menekan pertahanan Galatasaray dengan permainan terbuka. Tuan rumah akhirnya fokus pada pertahanan demi mengamankan keunggulan mereka.

Namun usaha Galatasaray tetap gagal. Kuchta sukses menjebol gawang lawan dan mengubah skor menjadi 2-2 di menit 65.

Dirinya menyambut assist dari Preciado untuk menaklukkan kiper Argentina Fernando Muslera.

Dalam kedudukan imbang, pemain Sparta, Matej Rynes, melakukan kesalahan fatal. Dirinya menyikut striker Baris Alper Yilmaz di menit 80. Buntutnya, wasit mengeluarkan kartu kuning kedua untuk Rynes yang disusul kartu merah.

Kedua tim akhirnya sama-sama bermain dengan 10 pemain. Galatasaray kembali bangkit untuk menyerang.

Upaya mereka ternyata tidak sia-sia. Icardi sukses menjadi penentu kemenangan setelah menyelesaikan umpan matang dari Yilmaz.

Gol eks pemain timnas Argentina ini tercipta secara dramatis di menit 90+1. Galatasaray pun menutup laga dengan keunggulan 3-2.

Kedua tim akan kembali bertemu di kandang Sparta di Stadion epet ARENA, 23 Februari 2024.

Sparta harus menang untuk membalikkan keadaan. Sebaliknya, Galatasaray hanya perlu hasil imbang untuk lolos ke 16 besar.