ENS dan GoDaddy Bermitra untuk Menghubungkan Domain .eth ke Domain Web2 Tanpa Biaya Tambahan

JAKARTA - Kemitraan antara Ethereum Name Service (ENS) dan registrar domain GoDaddy akan memungkinkan komunitas Web3 untuk menghubungkan nama-nama .eth (domain) mereka ke domain Web2 tradisional tanpa biaya tambahan.

Sebagai sistem domain name (DNS) terdesentralisasi, domain .eth ENS memungkinkan pengguna untuk mendaftar nama domain di Web3, menyederhanakan alamat dompet yang rumit menjadi nama yang mudah dibaca manusia. Dengan kehadiran GoDaddy, pengguna Web3 sekarang dapat menghubungkan domain .eth mereka dengan URL tradisional tanpa biaya tambahan.

Kemitraan GoDaddy-ENS menghilangkan hambatan biaya gas yang tinggi yang sebelumnya membuat pengguna enggan membawa nama domain ke ENS. Paul Nicks, presiden domain di GoDaddy, menyoroti perkembangan ini sebagai "fusi antara nama domain dan teknologi blockchain," yang menguntungkan ekosistem Web2 dan Web3.

Menurut laporan ENS memungkinkan transisi tanpa biaya dengan mendeploy kontrak pintar baru untuk proses resolusi. Sebagai hasilnya, pemegang domain DNS dapat merasakan bentuk kedaulatan diri yang baru dengan memiliki kontrol yang lebih besar atas identitas terdesentralisasi mereka sendiri.

Pada Juli 2023, pesaing Web3 GoDaddy, Unstoppable Domains, memungkinkan pengguna untuk membeli nama .eth dengan metode pembayaran tambahan dan fungsionalitas untuk menyederhanakan pengelolaan domain ENS.

Semua domain .eth yang dibeli dari Unstoppable didaftarkan melalui kontrak pintar ENS dan memiliki fungsionalitas yang sama dengan yang didaftarkan secara langsung melalui ENS.