Puma Masuki Dunia NFT dengan Domain Puma.eth
Puma masuki dunia NFDT dengan nama puma.eth (foto: tangkapan layar)

Bagikan:

JAKARTA – Produusen sepatu, Puma menjadi  merek besar yang mulai ikut-ikutan untuk membeli URL terdesentralisasi dan mengungkapkan token nonfungible mereka, atau NFT. Puma juga telah mengubah akun Twitter mereka menjadi Puma.eth. Merek pakaian olahraga asal Jerman ini mendaftarkan nama domain  Ethereum Name Service, atau ENS.

Perusahaan besar lainnya yang membeli  domain .ETH adalah Budweiser, anak perusahaan Anheuser-Busch InBev, yang kini membeli Beer.eth melalui ENS di OpenSea seharga 30 ETH tahun lalu. Ketika rantai makanan cepat saji White Castle mendaftarkan whitecastleofficial.eth, mantan direktur operasi ENS bahkan men-tweet tentang kegembiraannya itu.

Semua nama .ETH adalah NFT yang dapat "dicolokkan dengan mudah ke ekosistem NFT yang terus berkembang," seperti yang tertulis di postingan ENS Medium. Beberapa manfaat nama ENS adalah dapat menerima aset berbasis cryptocurrency, token, atau blockchain, selain dapat menunjuk ke situs web terdesentralisasi dan untuk menyimpan informasi profil seperti avatar, alamat email, atau akun Twitter.

Nama ENS Puma adalah salah satu dari beberapa langkah terkait NFT yang dilakukan perusahaan tersebut baru-baru ini. Menurut halaman OpenSea Puma.eth, Puma telah berinvestasi dalam berbagai koleksi NFT yang terinspirasi kucing termasuk NFT Cool Cats, Lazy Lions, Gutter Cat Gang dan CatBlox.

Pada saat publikasi, Puma berada di peringkat ke-13 Papan Peringkat .eth, yang mencantumkan akun Twitter yang paling banyak diikuti dengan nama .ETH. Di tempat pertama adalah parishilton.eth, yang dimiliki oleh selebritas Paris Hilton. Di urutan kedua ada  shaq.eth, yang dimiliki oleh mantan pemain NBA Shaquille O'Neal.

Puma adalah salah satu merek pakaian olahraga global terbesar bersama Nike dan Adidas, yang telah membuat pintu masuk mereka sendiri ke ruang Web3 dengan terobosan besar. Nike mengakuisisi merek sepatu dan koleksi virtual RTFKT. Sementara Adidas Original meluncurkan kolaborasi NFT dengan Bored Ape Yacht Club, PUNKS Comic, dan gmoney.

Layanan Nama Ethereum memiliki total 724.096 nama ENS yang dibuat pada saat penulisan, menurut Dune Analytics. Jumlah pendaftaran bulanan tertinggi terjadi dalam beberapa bulan terakhir.

Pesaing ENS, Unstoppable Domains, memiliki lebih dari 2 juta domain terdaftar, menurut situs web perusahaan. Baru-baru ini mereka juga meluncurkan layanan masuk tunggal untuk Ethereum dan Polygon yang disebut Login. Karena semakin banyak DApps, dompet, bursa, dan pasar mendukung nama pengguna NFT, pengguna Web 3 semakin mengadopsi URL terdesentralisasi untuk identitas digital.