Amazon Luncurkan Rufus, Asisten Belanja Bertenaga AI Generatif

JAKARTA - Amazon telah menggunakan AI selama lebih dari 25 tahun untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Sekarang, Amazon mengumumkan peluncuran Rufus, asisten belanja bertenaga AI Generatif. 

Perusahaan mengatakan bahwa Rufus adalah asisten belanja ahli bertenaga AI generatif yang dilatih tentang katalog produk Amazon yang luas, ulasan pelanggan, tanya jawab komunitas, dan informasi dari seluruh web untuk menjawab pertanyaan pelanggan tentang produk. 

Tidak hanya itu, Rufus juga memiliki kemampuan untuk memberikan perbandingan, dan membuat rekomendasi berdasarkan konteks percakapan yang dilakukan dengan pelanggan. 

“Rufus menghasilkan jawaban menggunakan informasi relevan dari seluruh Amazon dan web untuk membantu pelanggan membuat keputusan belanja yang lebih baik dan tepat,” tulis Amazon dalam pengumumannya. 

Jadi, secara keseluruhan, Rufus dapat membantu pelanggan dalam memberikan rekomendasi produk, sesuai dengan apa yang pelanggan butuhkan dan mana yang terbaik untuk mereka. 

Saat ini, Rufus baru diluncurkan dalam versi beta dan dimulai dari sebagian kecil pelanggan di AS dan akan meluncurkan ke semua pelanggan di AS dalam beberapa minggu mendatang. Amazon juga berjanji akan meluncurkan lebih luas ke pelanggan secara bertahap. 

“Kami sangat antusias dengan potensi AI generatif dan akan terus menguji fitur-fitur baru agar lebih mudah menemukan dan menemukan, meneliti, dan membeli produk di toko Amazon,” pungkasnya.