Meta Bagikan Empat Pencapaian di Kuartal Keempat Tahun 2023
Pencapaian Meta di tahun 2023 (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Meta, perusahaan induk dari platform media sosial, membagikan empat pencapaian di berbagai platform dan produknya. Pencapaian ini berhasil diraih pada kuartal keempat tahun lalu.

Disampaikan oleh Meta melalui media sosial resminya, jumlah pengguna aktif di platform Threads mengalami peningkatan. Pada akhir tahun lalu, pengguna aktif Threads belum mencapai 100 juta, tetapi kini jumlahnya telah lebih dari 100 juta.

“Threads terus berkembang dengan lebih dari 130 juta pengguna aktif setiap bulannya,” ungkap Meta pada Jumat, 2 Februari. Pencapaian ini menunjukkan bahwa Threads masih bisa bersaing dengan platform X, sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Pencapaian berikutnya dari platform yang Meta naungi adalah jumlah penggunaan Reels yang terus melonjak. Di kuartal terakhir, jumlah Reels yang dibagikan oleh para pengguna Facebook dan Instagram mencapai 3,5 miliar.

Menurut pengakuan Meta, angka ini tetap stabil setiap harinya. Sebenarnya, pencapaian ini tidak mengherankan karena hasil survei Morgan Stanley, perusahaan penyedia jasa keuangan, mencatat bahwa 74 persen pengguna Instagram sudah memanfaatkan fitur Reels.

Selanjutnya, pencapaian yang tak kalah penting datang dari produk buatan Meta, yaitu Meta Quest. Headset realitas virtual (VR) itu terlihat mendapatkan banyak perhatian karena Meta Quest, “menjadi aplikasi pertama yang diunduh di App Store pada Hari Natal.”

Meski tampaknya peningkatan ini memuaskan Meta, perusahaan itu tidak menyebutkan jumlah pengunduhan spesifik di App Store. Mereka langsung membahas pencapaian berikutnya yang datang dari Large Language Model Meta (LlaMa).

LlaMa merupakan model bahasa dasar yang canggih dengan sumber terbuka. Teknologi khusus untuk keperluan coding ini telah mencapai 120 juta unduhan dan memiliki lebih dari 16.000 turunan pada kuartal akhir tahun lalu.

Itu dia empat pencapaian yang berhasil Meta raih tahun lalu. Pencapaian LlaMa, Reels, Meta Quest, dan lainnya ini menunjukkan bahwa Meta masih terus mengembangkan seluruh produk mereka secara aktif.

Terkait