AWS Luncurkan Amazon Q, Asisten AI Percepat Pengembangan Perangkat Lunak
Tampilan asisten AI generatif Amazon Q (Foto: Dok. Amazon)

Bagikan:

JAKARTA - Amazon Web Services (AWS) mengumumkan peluncuran Amazon Q, asisten bertenaga AI generatif yang dirancang untuk mempercepat pengembangan perangkat lunak dan memanfaatkan data internal perusahaan.

Dengan menghubungkan ke repositori data perusahaan, Amazon Q juga dapat memudahkan karyawan untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan seputar data bisnis seperti kebijakan perusahaan, informasi produk, hasil bisnis, basis kode, karyawan, dan banyak topik lainnya.

“Dengan akurasi terdepan di industri, kemampuan agen yang canggih, dan keamanan terbaik di kelasnya, Amazon Q membantu developer menjadi lebih produktif dan pengguna bisnis untuk mempercepat pengambilan keputusan,” kata Swami Sivasubramanian, Wakil Presiden Kecerdasan Buatan dan Data di AWS dalam pernyataan yang diterima pada Jumat, 10 Mei.

Bahkan, Sivasubramanian mengatakan, Amazon Q bisa membantu karyawan 80 persen lebih produktif dalam pekerjaannya, semoga dan dengan fitur baru yang akan diperkenalkan di masa depan, ini bisa terus berkembang.

Tidak hanya itu, AWS juga memperkenalkan Amazon Q Apps, kemampuan baru dan kuat yang memungkinkan karyawan membangun aplikasi AI generatif dari data perusahaan mereka.

Karyawan hanya perlu menggambarkan jenis aplikasi yang mereka inginkan, dalam bahasa alami, dan Q Apps akan dengan cepat menghasilkan aplikasi yang menyelesaikan tugas yang diinginkan, membantu mereka menyederhanakan dan mengotomatiskan pekerjaan sehari-hari dengan mudah dan efisiensi.