Bagikan:

JAKARTA - Amazon Web Services (AWS), pada  Selasa, 21 Februari mengatakan sedang bekerja sama dengan startup Hugging Face, pusat pengembangan perangkat lunak, untuk membuatnya lebih mudah dibawa keluar pekerjaan kecerdasan buatan (AI) di cloud Amazon.

Saat ini, AWS sedang bekerja untuk memasok alat dan layanan yang dibutuhkan pengembang perangkat lunak untuk mengintegrasikan teknologi serupa ke dalam produk mereka sendiri.

AWS mengatakan bahwa meskipun kesepakatan itu tidak eksklusif, AWS dan startup tersebut akan bekerja sama untuk memudahkan pengembang mengambil kode dari situs dan menjalankannya di cloud AWS

"Untuk kolaborasi produk ini, kami mendedikasikan sumber daya teknik yang signifikan untuk membangun produk bersama kami," kata CEO Hugging Face, Clem Delangue kepada Reuters, dikutip Rabu, 22 Februari. 

Delangue juga mengatakan bahwa generasi berikutnya dari Bloom, model AI sumber terbukanya, akan dijalankan di Trainium, chip kecerdasan buatan berpemilik yang dibuat oleh AWS.

Di sisi lain, Swami Sivasubramanian, wakil presiden database, analitik, dan pembelajaran mesin di AWS percaya bahwa teknologi seperti Trainium dapat membantu pengembangan AI. 

Selain itu, Trainium juga diklaim dapat menghemat uang karena AI membutuhkan lebih banyak daya komputasi dan AWS ingin mempersingkat waktu yang dihabiskan pengembang untuk mengadopsinya.

"Kami ingin memastikan mereka memiliki akses ke inovasi silikon dan jaringan kami," kata Sivasubramanian kepada Reuters.