Catat! Begini Cara Menyingkirkan Fitur Reaksi Emoji di Gmail

JAKARTA – Sejak akhir tahun lalu, Google telah meluncurkan fitur reaksi emoji di Gmail. Fitur ini bisa digunakan untuk memberikan tanggapan pada pesan masuk tanpa harus memberikan balasan.

Fitur ini berada di samping fitur Balas sehingga kesalahan mengetuk ikon sangat mungkin terjadi. Saat emoji terkirim, pengguna tidak bisa membatalkan emojinya. Satu-satunya cara untuk menghentikan pengiriman adalah dengan menekan tombol Batal sebelum pesan Terkirim.

Bagi pengguna Gmail untuk keperluan profesional, memberikan balasan hanya dengan emoji merupakan tindakan yang kurang etis. Maka dari itu, beberapa pengguna mungkin tidak menyukai kehadiran fitur ini.

Meski reaksi emoji ini bisa mengganggu bagi beberapa pengguna, tidak ada cara untuk menonaktifkan fiturnya. Namun, para pengguna masih bisa menyembunyikan fitur tersebut dengan bantuan ekstensi.

Dilansir dari 9to5google, cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuka Google Chrome, kemudian buka Chrome Web Store. Setelah itu, cari esktensi De-Gmojify dan ketuk opsi Tambahkan ke Chrome.

Jika ekstensinya berhasil ditambahkan, ikon reaksi emoji akan hilang saat Anda membuka Google Chrome. Untuk mengembalikan ikonnya, Anda hanya perlu menghapus ekstensi tersebut dari perangkat lunak Anda.

Sayangnya, cara ini hanya berlaku untuk Google Chrome yang dibuka melalui komputer. Meski reaksi emoji menghilang dari situs web Chrome di komputer, Anda akan tetap menemukan ikon tersebut di perangkat Android.