Promotor Buka Suara Soal Dugaan Pelecehan di Sesi Fansign Grup China, WayV di Jakarta

JAKARTA - Beberapa kejadian kurang menyenangkan mengiringi acara sesi tanda tangan dengan penggemar WayV di Jakarta pada awal pekan ini. Sejumlah penggemar membagikan pengalaman mereka yang diduga mengalami pelecehan dari pihak petugas keamanan.

Hal ini bermula ketika para penggemar naik ke atas panggung secara bergiliran untuk menyapa para member WayV. Beberapa petugas keamanan dengan berbaju hitam dan mengenakan masker melakukan penjagaan dengan menyentuh tubuh penggemar.

Dalam sesi tandatangan (fansign) dengan penggemar, biasanya petugas berjaga untuk memastikan bahwa penggemar tidak melakukan kontak fisik dengan idol dan mengatur flow pergantian penggemar yang berbicara dengan idolnya.

Sejumlah video beredar menunjukkan petugas yang menyentuh area pergelangan tangan, pundak, hingga pinggang sejumlah penggemar yang melakukan fansign dengan WayV terkhusus salah satu member, YangYang. Sayangnya, hal itu baru disadari penggemar setelah acara selesai.

“Temanku ikut fansign dan salah satu korban bapak yang standby dekat dan megangin fans seenaknya. @luminaent tolong lakukan sesuatu, ini benar-benar enggak etis. Mau ini kru apa bukan, ini acara kalian!” tulis salah satu pengguna akun X yang membagikan pengalaman temannya.

Kamis, 25 Januari, Lumina selaku promotor buka suara terhadap sejumlah laporan tersebut. Mereka menyayangkan adanya kejadian yang kurang menyenangkan selama acara. Mereka juga menyebut pihak keamanan adalah pihak ketiga.

“Kami sangat menyesal mengetahui ada sesuatu yang tidak menyenangkan terjadi saat acara tandatangan di atas panggung yang dilakukan oleh penyedia layanan keamanan,” kata pihak Lumina.

“Meski yang bersangkutan sudah minta maaf secara publik, kami tetap akan melaporkannya secara resmi karena berkaitan dengan keamanan banyak pihak dan keselamatan para penggemar. Kami membaca kronologi yang ditulis beberapa korban dan kami berkomitmen untuk mengusut masalah ini,” lanjutnya.

Ini bukan menjadi satu-satunya masalah yang terjadi dalam sesi fansign tersebut. Sebelumnya, sejumlah penggemar mengeluhkan sesi fansign yang dilakukan di atas poster bukan album.

Sesi fansign terutama berkaitan dengan promosi album tentunya dilakukan dengan tanda tangan di atas album. Namun, penggemar merasa kecewa karena diberi banner bukan album ketika fansign dengan WayV.

WayV mengadakan sesi fansign dalam rangka perilisan album terbaru mereka, On My Youth yang dirilis pada November 2023.