Google Luncurkan Chrome M121 dengan Fitur AI Generatif Baru, Bisa Bikin Grup Tab Otomatis

JAKARTA - Google telah merilis Chrome M121, yang juga memperkenalkan fitur AI generatif eksperimental untuk menjadikan penjelajahan lebih mudah dan efisien, sekaligus menjaga pengalaman Anda tetap dipersonalisasi. 

Fitur yang didukung AI generatif pertama adalah fitur grup tab. Dengan tab Organizer baru, Chrome akan secara otomatis menyarankan dan membuat grup tab berdasarkan tab yang sudah Anda buka. 

Bahkan, Chrome akan menyarankan nama dan emoji khusus untuk grup baru tersebut, sehingga Anda dapat menemukannya lagi dengan mudah saat Anda membutuhkannya di lain waktu. 

Selain itu, Google juga memperkenalkan wallpaper AI generatif di Chrome, sehingga pengguna akan dapat dengan cepat membuat tema khusus berdasarkan subjek, suasana hati, gaya visual, dan warna yang mereka pilih. 

Pertama kali diperkenalkan perangkat Android 14 dan Pixel 8, fitur wallpaper AI generatif ini sekarang akan tersedia juga di Chrome desktop. 

Terakhir, pada rilis Chrome bulan depan, Google mengatakan akan meluncurkan fitur eksperimental lain yang didukung AI untuk membantu Anda menulis dengan lebih percaya diri di web, baik itu memberikan ulasan, atau membuat pertanyaan formal. 

Cara kerjanya, klik kanan kotak teks atau kolom di situs mana pun yang Anda kunjungi di Chrome dan pilih “Help me write.” Ketik beberapa kata dan AI Google akan memulai proses penulisan untuk Anda. 

Anda akan dapat mencoba fitur-fitur baru ini di Chrome pada Mac dan PC Windows selama beberapa hari ke depan secara bertahap, dimulai di AS.