Donald Trump Kembali Tolak CDBC dalam Kampanyenya

JAKARTA - Mantan Presiden Amerika Serikat dan kandidat presiden saat ini, Donald Trump, sekali lagi membicarakan topik mata uang digital bank sentral (CBDC). Ia memberikan "kredit penuh" kepada Vivek Ramaswamy, mantan kandidat presiden Partai Republik yang mundur dari perlombaan setelah hasil yang mengecewakan.

Selama kampanye di Laconia, New Hampshire, pada 22 Januari, Trump mengumumkan kepada publik bahwa Ramaswamy — satu-satunya kandidat presiden dengan kerangka kerja kripto dalam programnya — memintanya untuk kembali mengangkat pertanyaan tentang kemungkinan CBDC di Amerika Serikat. Setelah pengakuan singkat bahwa dia tidak suka pada Ramaswamy sampai berhasil mengalahkannya, Trump mengulangi klaim terbarunya bahwa ia tidak akan pernah mengizinkan adanya CBDC.

Pertama kalinya Trump menyebutkan CBDC adalah selama pidato kampanye di Portsmouth, New Hampshire, pada 17 Januari. Saat itu, mantan presiden mengatakan, "Saya tidak akan pernah mengizinkan pembuatan mata uang digital bank sentral," menambahkan bahwa mata uang tersebut akan memberikan pemerintah federal "kontrol mutlak" atas uang warga negara.

Meskipun Trump sebelumnya tidak dikenal karena sikap yang sangat berbeda terhadap kripto — selain beberapa komentar negatif tentang Bitcoin selama masa kepresidenannya — Vivek Ramaswamy dan Gubernur Florida, Ron DeSantis, membahas subjek tersebut dalam kampanye presiden mereka.

Kedua mantan kandidat sekarang telah menangguhkan kampanye mereka. Ramaswamy keluar pada 16 Januari, dan mendukung Trump. DeSantis resmi mengakhiri kampanyenya pada 21 Januari setelah kalah oleh 21 poin besar dari Trump selama kaukus Iowa. DeSantis juga telah mengkonfirmasi dukungannya terhadap Trump, yang telah berkali-kali mengejek politisi tersebut dalam beberapa bulan terakhir.

Pada 19 Januari, Wakil Anggota Kongres AS, Tom Emmer menyatakan dukungannya terhadap janji Trump untuk melawan CBDC, mengklaim bahwa ia berharap dapat bekerja sama dengan Trump "melawan negara pengawas yang berkembang."

Emmer telah berbicara mendukung aset digital dalam banyak kesempatan dan memiliki sejarah menentang pendekatan regulasi oleh penegakan hukum dari Komisi Sekuritas dan Bursa AS serta Ketuanya, Gary Gensler.