Bermitra dengan ZEISS, Vision Pro Akan Hadirkan Lensa Korektif Khusus

JAKARTA – Apple akan memberikan lensa korektif bagi pengguna rabun jauh yang ingin memakai Vision Pro. Pasalnya, pengguna tidak boleh mengenakan kacamata saat menggunakan Vision Pro.

Untuk menghadirkan lensa korektif khusus yang sesuai dengan desain Vision Pro, Apple menjalin kemitraan dengan ZEISS, produsen lensa optik terkemuka. Pelanggan bisa membeli lensa optik ini saat memesan perangkat Vision Pro.

Meski Apple menawarkan opsi pembelian lensa korektif, perusahaan tersebut tidak menjelaskan cara pemasangan lensanya. Padahal, sisipan optik dari ZEISS ini memerlukan pemasangan khusus yang bisa membingungkan beberapa pengguna.

Dilansir dari 9to5mac, pemilik akun M1Astra di platform X mengatakan bahwa sisipan optik dari ZEISS dilengkapi dengan kode pribadi. Kode ini diperlukan untuk memasangkan lensa korektif ke dalam teknologi komputer spasial Apple.

Sebelum menggunakan Vision Pro, pengguna harus menaruh sisipan optik dari ZEISS di atas layar. Saat lensa tersebut sudah terpasang, perangkat harus memindai kode pemasangan pada kartu yang ada di dalam kotak sisipan optik.

Tidak diketahui seperti apa tampilan kode pemasangan ini. Kemungkinan besar, kode yang akan digunakan untuk pemasangan optik merupakan kode Klip Aplikasi yang bisa menghubungkan sistem dengan lensa ZEISS.

Dengan rumitnya proses pemasangan ini, Vision Pro tidak akan berfungsi dengan lensa buatan pihak lain. Terlebih lagi, pengguna harus mengunggah resep optik yang valid saat ingin membeli lensa korektif untuk Vision Pro.