Biar Tahu, Mari Intip Perbedaan Spesifikasi Vivo X60, X60 Pro, dan X60 Pro+
Vivo X60 series (Etimg)

Bagikan:

JAKARTA - Pasar smartphone flagship akan kembali diramaikan oleh Vivo. Dalam pengumuman yang dibagikan perusahaan lewat situs resmi, Vivo Indonesia akan memperkenalkan flagship terbarunya. Yakni Vivo X60 series.

Meneruskan tradisi sebelumnya, Vivo X60 series hadir dalam tiga varian. Yakni X60, X60 Pro, dan X60 Pro+. Ketiga HP Vivo terbaru ini dipastikan bakal mengisi segmen flagship fotografi. Artinya, konsumen akan mendapatkan inovasi kamera smartphone tercanggih.

Seperti diketahui, Vivo menawarkan teknologi kamera gimbal pada seri X50 Pro. Menjadikannya sebagai ponsel dengan kamera gimbal pertama. Sedangkan pada X60 Pro, perusahaan sudah menyiapkan kejutan pada sektor kamera.

Berkat kerja sama yang dijalin Vivo dengan Zeiss, ponsel X60 series bakal menggunakan lensa yang diproduksi perusahaan asal Jerman tersebut. Maka, ketika lensa Zeiss digabungkan dengan teknologi Gimbal Stabilization 2.0 milik perusahaan, tentu menjanjikan hasil fotografi yang lebih optimal.

Memang, Vivo Indonesia masih enggan membocorkan informasi terkait varian apa saja yang akan diboyong ke Indonesia. Tapi, supaya pembaca siap menyambut ponsel anyar ini, tim VOI sudah merangkumkan spesifikasi dan perbedaan Vivo X60, X60 Pro, dan X60 Pro+ dari GSMArena, Sabtu, 27 Maret.

Spesifkasi Vivo X60

spesifikasi Vivo X60 (The Verge)

Di antara ketiga seri lain, inilah ponsel dengan spesifikasi paling rendah. Sama seperti X60 Pro, seri ini hanya didukung setup tiga kamera. Kamera utama juga menggunakan sensor Sony IMX 598 berkemampuan 48MP.

Sementara itu, dua kamera lain masing-masing berkemampuan 13MP lensa portrait yang didukung fitur 2x optical zoom serta 13MP lensa ultra lebar. Sayangnya, Anda tidak akan menemukan teknologi Gimbal Stabilization dari seri ini.

Untuk bagian jeroan, X60 didukung chipset yang sama dengan kedua seri lainnya. Yakni SoC Qualcomm Snapdragon 870 dengan Ram 12GB dan penyimpanan internal berkapasitas 256GB.

 Perbedaan paling kentara bakal Anda temukan pada dukungan jumlah kamera.  Ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 870 dengan RAM 12GB dan penyimpanan 256GB.

Selain kamera, spesifikasi X60 tak jauh berbeda dengan varian X60 Pro. Mulai dari jarinan 5G, kapasitas baterai 4.300mAh, serta pengisian daya cepat 33W.

Spesifikasi Vivo X60 Pro

Spesifikasi Vivo X60 Pro (Android Authority)

Dari segi layar, ketiga Vivo X60 series menggunakan panel dan teknologi yang sama. Yakni panel AMOLED yang mampu menghasilkan grafis berkualitas 1080 x 2376 piksel HDR10+. Tak hanya itu, layar X60 series juga mampu menghasilkan refresh rate 120Hz.

Ketiga perangkat juga mendapatkan perlindungan Corning Gorilla Glass 6. Dan dalam hal desain pun tak jauh berbeda –dengan bagian kerangkan dan bodi belakang yang terbuat dari material alumunium.

Bisa dibilang jika X60 Pro menawarkan beberapa fitur X60 Pro+ dan X60. Sisi kamera, X60 Pro memiliki jumlah dan teknologi yang sama dengan seri X60. Sedangkan dari segi fitur, X60 juga didukung teknologi Gimbal Stabilization –yang tak bisa kita temukan pada X60.

Sementara itu, bagian chipset, RAM, kapasitas baterai, dan fitur-fitur lainnya pun juga tak jauh berbeda.

Spesifikasi Vivo X60 Pro+

Spesifikasi Vivo X60 Pro+ (XDA-Developers)

Nah, inilah versi yang paling gahar ketimbang dua seri lain. Perbedaan tersebut juga sudah terlihat dari bentuk modul di bagian punggung yang sedikit berbeda. Modul berbentuk persegi panjang menyimpan empat kamera utama serta satu LED Flash.

Kamera utama berkemampuan 50MP lensa wide dengan dukungan dual pixel PDAF, laser AF dan OIS. Sedangkan kamera kedua memiliki kemampuan 8MP lensa periskop telephoto yang didukung fitur 5x optical zoom.

Selain itu, masih ada lensa telephoto 32MP berkemampuan 2x optical zoom dan 48MP lensa ultra lebar yang didukung teknologi Gimbal Stabilization. Dari kemampuan masing-masing kamera, dijamin jika pengguna bakal mendapatkan pengalaman fotografi yang lebih memuaskan dan baru.

Berbeda dari kedua seri lain, Vivo memutuskan untuk menggunakan chipset Snapdragon 888 pada seri ini. Seperti diketahui, inilah chipset dengan performa paling gahar yang ditawarkan Qualcomm saat ini. Alhasil, Vivo X60 Pro+ pun menjamin pengalaman yang benar-benar berbeda ketimbang dua seri lainnya.