Netflix Berencana Menghapus Fitur Persentase Kesesuaian, Beralih ke Sistem Tag untuk Rekomendasi
Netflix kemungkinan akan segera menghapus fitur populer dari platform streaming-nya (foto: dok. pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Netflix kemungkinan akan segera menghapus fitur populer dari platform streaming-nya yang dapat memengaruhi bagaimana pengguna memilih konten yang ingin mereka tonton. Perusahaan ini akan menghapus persentase kesesuaian yang ditampilkan pada judul-judul, yang didasarkan pada algoritma yang merujuk pada acara dan film sebelumnya yang telah ditonton oleh penonton.

Fitur ini akan digantikan oleh tag untuk rekomendasi karena kemampuannya untuk lebih akurat menggambarkan judul-judul tersebut. Seorang juru bicara Netflix menjelaskan kepada DailyMail.com bahwa tagging bukanlah satu-satunya fitur yang berkontribusi pada bagaimana seorang penonton memutuskan apa yang ingin mereka tonton.

Sebaliknya, perusahaan mengandalkan upaya gabungan dari gambar kotak, sinopsis, dan cuplikan video - ditambah dengan tag - untuk menarik penonton. Netflix memutuskan untuk menghilangkan persentase kesesuaian karena kemungkinan membingungkan penonton yang mungkin bertanya-tanya bagaimana algoritma menentukan judul tersebut adalah kesesuaian 92 persen dan tidak akan memahami bagaimana Netflix sampai pada kesimpulan itu.

Netflix mengatakan kepada DailyMail.com bahwa saat ini belum ada jangka waktu kapan fitur kesesuaian akan dihapus.

Tag memisahkan konten berdasarkan kategori, termasuk 'sutradara pemenang penghargaan,' 'acara TV medis,' 'drama inspiratif,' dan 'karya berlatar sejarah,' antara lain.

Netflix juga menggunakan tag sebagai deskriptor, mengidentifikasi sebuah acara sebagai 'dengan nuansa dramatis dan emosional,' 'kampi dan unik,' atau 'penuh ketegangan dan visual menarik.'

Direktur Produk Netflix, Allan Donald, mengatakan kepada The New York Times bahwa tag mirip dengan 'garis sampul' di majalah.

“Bayangkan majalah yang tidak memiliki garis sampul, dan hanya terdapat foto di dalamnya,” kata Donald. “Tag membuat perbedaan sebesar garis sampul dalam keputusan cepat ini, 'ini untuk saya.”  

Dia juga mencatat bahwa saat menguji penghapusan tag, 'orang-orang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memilih.'

“Mereka akan keluar dari judul karena mereka tidak terlalu menyukainya atau karena mereka tidak tahu apa yang mereka dapatkan,” jelas Donald.

Dilaporkan oleh The Times, bahwa Netflix memiliki tim tagger sebanyak 30 orang, yang memilih dua atau tiga tag untuk membantu penonton memilih acara atau film yang sesuai dengan preferensi mereka.

Biasanya, penonton hanya akan melihat judul selama satu menit sebelum beralih, menurut Netflix, yang menemukan bahwa ketika mereka menguji sementara penghapusan tag, keterlibatan penonton turun secara signifikan.

Ini bukan berarti tag sepenuhnya bertanggung jawab atas keterlibatan penonton, tetapi kemungkinan merupakan faktor kontributor utama.

“Jika Anda ragu dengan suatu judul dan Anda berpikir, 'OK, gambar kotaknya menarik, dan ini populer, jadi semua orang menontonnya — tetapi apakah ini untuk saya?” kata Donald. “Dan kemudian Anda berpikir, 'OK, ini penuh ketegangan — ya, ini untuk saya.' Itu yang membuat Anda mengklik.”

Keputusan perusahaan ini menambahkan perubahan fitur lain, termasuk opsi untuk menghapus pengguna lain dari akun mereka tanpa harus mengganti kata sandi. Netflix juga menambahkan fitur "My Netflix" tahun lalu yang memungkinkan penonton mengakses semua film dan acara TV yang ingin mereka tonton dalam satu tempat.