WhatsApp Kembangkan Fitur Kirim File dengan Orang Terdekat

JAKARTA – WhatsApp akan meluncurkan People Nearby, fitur baru untuk berbagi file dengan cara yang mudah. Sesuai dengan namanya, fitur ini hanya bisa digunakan dengan orang-orang terdekat.

Berdasarkan temuan WABetaInfo, People Nearby masih dikembangkan oleh WhatsApp sehingga versi eksperimentalnya belum ditambahkan ke dalam WhatsApp Beta. Namun, dalam waktu dekat, WhatsApp akan menguji fitur ini.

Belum diketahui kapan fitur People Nearby akan diuji, tetapi WhatsApp akan menambahkan fitur ini ke versi beta 2.24.2.20. Setelah memasuki tahap pengujian selama beberapa minggu atau beberapa bulan, fitur ini baru akan dirilis ke aplikasi asli.

Saat fitur ini sudah ditambahkan ke versi beta, para penguji bisa menggunakan fiturnya untuk berbagi file dengan mudah dan dekat. Sistemnya mungkin akan seperti Bluetooth karena fitur ini akan menampilkan akun terdekat yang sedang mengaktifkan People Nearby.

Untuk membagikan file-nya, pengguna hanya perlu memilih akun pengguna lain yang sedang aktif, kemudian menunggu hingga permintaan untuk mengirimkan file diterima. Setelah itu, file akan terkirim selama pengguna berada di dekat pengirim.

Tidak diketahui jenis dan kapasitas untuk pengiriman file ini, tetapi sistemnya akan menerapkan enkripsi end-to-end. Artinya, pengguna tidak perlu takut file penting tersebar atau diambil oleh pihak tidak bertanggung jawab karena enkripsinya terjaga.

Fitur berbagi file dengan cepat bisa sangat berguna selama fitur ini bisa menyaingi pengiriman file biasa lewat obrolan. Jika WhatsApp bisa membuat pengirimannya jauh lebih efisien, pengguna mungkin akan senang dengan pembaruan ini.