Elon Musk Ingin Bangun Produk AI dan Robotik di Luar Tesla Jika Tak Dapat Kendali Suara 25%

JAKARTA - Pemimpin Tesla dan CEO terkaya dunia, Elon Musk, mengumumkan pada hari Senin melalui platform media sosial X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter) bahwa ia akan merasa tidak nyaman untuk membuat perusahaan otomotifnya sebagai pemimpin dalam kecerdasan buatan (AI) dan robotika tanpa memiliki setidaknya 25% kendali suara atas perusahaan tersebut, hampir dua kali lipat dari sahamnya saat ini.

Musk menyatakan bahwa kecuali ia mendapatkan saham dalam perusahaan otomotif terbesar di dunia yang "cukup untuk memengaruhi, tetapi tidak begitu banyak sehingga saya tidak bisa dibalik," di Tesla, ia lebih suka membangun produk di luar produsen kendaraan listrik tersebut.

Meskipun Musk telah lama mempromosikan perangkat lunak "Full Self-Driving" yang sebagian otomatis dari Tesla dan prototipe robot manusia, sebagian besar pendapatan perusahaan berasal dari bisnis otomotifnya. Beberapa analis juga mengidentifikasi teknologi-teknologi tersebut, termasuk superkomputer Dojo milik Tesla untuk melatih model AI, sebagai pendorong penilaian perusahaan tersebut.

Saham Tesla turun sekitar 2% dalam perdagangan pra-buka pada hari Selasa setelah komentar Musk.

Musk, yang saat ini memiliki sekitar 13% saham Tesla setelah menjual miliaran dolar saham pada tahun 2022 sebagian untuk membiayai pembelian Twitter senilai 44 miliar dolar AS (Rp683,5 triliun), menyatakan dalam posting terpisah di X bahwa ia akan setuju dengan struktur saham kelas ganda untuk mencapai tujuannya mendapatkan kendali suara 25%. Namun, ia mengatakan bahwa struktur tersebut dianggap tidak mungkin setelah penawaran saham perdana Tesla.

Ia mengungkapkan keheranannya, "Mengapa struktur saham kelas ganda yang gila seperti yang dimiliki Meta, yang memberikan kontrol kepada lebih dari 20 generasi Zuckerberg berikutnya, dianggap sah sebelum IPO, tetapi bahkan struktur kelas ganda yang wajar tidak diizinkan setelah IPO," merujuk pada pendiri induk Facebook, Mark Zuckerberg.

Tesla belum memberikan tanggapan atas permintaan komentar.

Musk saat ini tengah menghadapi gugatan terkait paket kompensasinya. Pemegang saham Tesla, Richard Tornetta, menggugat Musk dan dewan pada tahun 2018 dan berharap dapat membuktikan bahwa pendiri perusahaan menggunakan dominasinya atas dewan Tesla untuk mendapatkan paket kompensasi yang berlebihan tanpa harus bekerja penuh waktu di produsen kendaraan listrik tersebut.

Musk menyatakan di X bahwa tidak ada "perselisihan" dengan dewan terkait paket kompensasinya yang baru, dan mengatakan bahwa putusan yang belum diputuskan masih menghambat pembicaraan tersebut.