Bagikan:

JAKARTA - Elon Musk mengumumkan peluncuran robot kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) terbaru bernama Grok, sebagai teknologi utama dari perusahaan barunya, xAI.

Dilansir dari laman ArenaEV, Selasa, 7 November, Musk menyatakan rencananya untuk mengintegrasikan asisten AI Grok yang baru diluncurkan ke dalam kendaraan listrik Tesla. Namun, detail lebih lanjut mengenai penerapan teknologi ini belum dijelaskan secara rinci.

Langkah integrasi ini menandai perkembangan signifikan dalam upaya Tesla untuk menciptakan kendaraan yang lebih intuitif dan interaktif di masa depan. Dengan kekayaan data dari xAI, diharapkan Grok AI di kendaraan Tesla dapat meningkatkan fitur perintah suara, sejalan dengan visi Musk untuk menyederhanakan pengalaman pengguna bagi pemilik Tesla.

Menurut Brian Roemmele, seorang penguji beta sistem Grok AI, teknologi ini akan menggabungkan komputasi lokal atau data terpusat dari perusahaan. Saat ini, fokus utama pengembangan Grok AI adalah pada pengembangan chatbot atau asisten AI yang serupa dengan ChatGPT. Musk berencana untuk menyediakan Grok AI melalui layanan berlangganan premium di platform media sosial untuk meningkatkan aksesibilitasnya.

Meskipun belum ada batas waktu pasti terkait integrasi Grok AI ke dalam kendaraan Tesla, langkah ini berpotensi membuka jalan bagi era baru kendaraan cerdas, interaktif, dan intuitif.