Chatbot Grok Sarankan Dogecoin Jadi Alat Pembayaran di X
Dogecoin, koin meme pertama yang mendapat dukungan kuat dari komunitas dan tokoh terkemuka. (Foto; Dok. Pay98)

Bagikan:

JAKARTA - Dogecoin (DOGE) adalah salah satu mata uang kripto yang tengah populer di kalangan penggemar kripto. DOGE memiliki logo anjing Shiba Inu, yang awalnya dibuat sebagai lelucon pada tahun 2013. Namun, sejak tahun 2021, DOGE mengalami kenaikan harga yang luar biasa berkat dukungan dari CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk.

Bos Tesla itu kerap mempromosikan DOGE di akun Twitter/X pribadinya sehingga turut mempengaruhi pergerakan harga koin meme tersebut. Musk bahkan pernah menyebut DOGE sebagai "mata uang kripto favoritnya" dan "mata uang rakyat". Musk juga berencana untuk mengirim Dogecoin fisik ke Bulan yang didanai oleh komunitas DOGE pada tahun 2024 ini.

Tidak hanya itu, Musk juga ingin mengintegrasikan DOGE dengan bisnisnya yang lain, termasuk X (sebelumnya Twitter), sebuah platform media sosial yang diakuisisi oleh Musk pada November 2023 lalu. Musk berharap DOGE dapat digunakan sebagai alat pembayaran dan tip di X, serta sebagai sarana untuk berinteraksi dengan komunitas kripto yang besar.

Nah, DOGE juga menjadi pilihan chatbot Grok. Chatbot berbasis AI yang dikembangkan oleh xAI, startup yang didanai Elon Musk, menyarankan Dogecoin sebagai alat transaksi terbaik untuk digunakan di platform media sosial X.

Grok beralasan bahwa DOGE memiliki beberapa keunggulan dibandingkan kripto lain. Menurut chatbot tersebut, selain DOGE didukung oleh Elon Musk, DOGE memiliki komunitas yang sangat aktif, loyal, dan ramah, yang sering berbagi meme, informasi, dan saran tentang DOGE di media sosial, terutama di Twitter dan Reddit.

Grok juga menilai bahwa DOGE memiliki keunggulan dalam transaksi yaitu cepat  dan murah. Chatbot tersebut menilai ini cocok untuk transaksi sehari-hari dan pembayaran online. Selain itu, DOGE juga memiliki potensi pertumbuhan yang besar, karena masih memiliki ruang untuk meningkatkan adopsi, pengembangan, dan kemitraan dengan berbagai pihak.

Dilanasir CryptoBasic, Grok juga menobatkan tweet Musk tentang DOGE sebagai tweet terbaik di kripto Twitter. Pada 14 Januari 2024, Musk menulis "Dogecoin to the moon", dengan emoji roket dan tagar #DOGE. Tweet ini mendapat respons positif dari para penggemar DOGE, dan mendorong harga DOGE naik 15% dalam sehari.

Grok mengatakan bahwa tweet ini "mengukuhkan posisi DOGE di hati para penggemar kripto di mana-mana", dan menunjukkan komitmen Musk untuk mendorong DOGE menjadi mata uang kripto utama di dunia.

Dengan dukungan komunitas kripto dan tokoh terkemuka seperti Elon Musk, DOGE tetap menjadi salah satu mata uang kripto terbesar dan terpopuler saat ini. Menurut data dari CoinMarketCap, DOGE memiliki kapitalisasi pasar sebesar $11,6 miliar atau sekitar Rp 181,4 triliun.

DOGE menempati peringkat kesepuluh di antara semua mata uang kripto. DOGE juga memiliki lebih dari lima juta alamat dompet kripto yang menyimpan DOGE. DOGE saat ini diperdagangkan di kisaran $0,20 atau sekitar Rp 3.127 per koin.