Laga Timnas Indonesia vs Irak Diprediksi Ramai Pendukung Lawan, Shin Tae-yong Tak Khawatir

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menyikapi santai kemungkinan bahwa laga kontra Irak bakal diramaikan pendukung lawan yang bisa menimbulkan tekanan.

Ketimbang memusingkan itu, pelatih asal Korea Selatan itu memilih fokus pada performa tim. Shin Tae-yong mala menyikapi dengan santai. Dia justru senang jika atmosfer stadion riuh.

"Jika fans Irak datang itu lebih baik buat atmosfer. Namun, kami tidak pikirkan itu karena fokus ke performa kami sendiri," kata Shin Tae-yong saat memberikan keterangan yang dikutip pada Senin, 15 Januari 2024.

Piala Asia 2023 yang di gelar di Qatar membuat para pendukung Irak lebih mudah memenuhi stadion. Secara geografis, Qatar lebih dekat ditempuh fans Irak ketimbang suporter Indonesia.

Meski begitu, Shin Tae-yong lebih memilih fokus menyusun taktik untuk Timnas Indonesia. Dia tak ingin hasil pahit kembali diraih di pertemuan kali ini mengingat adanya jarak yang cukup signifikan dari segi peringkat FIFA dan performa tim.

"Saya harus setuju kalau ada gap besar antara Indonesia dan Irak soal kemampuan. Namun, kami masih sangat muda, tim termuda di grup, mungkin juga lebih lemah," ujar Shin Tae-yong.

"Namun, kami sedang membangun kepercayaan diri. Tak ada 100 persen garansi bahwa kami akan kalah. Tak ada yang tahu, saya tak tahu, kamu tak tahu, kita semua tak tahu, hanya berusaha sekeras yang kami bisa lakukan," tuturnya lagi.

Soal masifnya dukungan buat Irak sebetulnya pernah dirasakan Timnas Indonesia. Sebelum Piala Asia 2023, Indonesia dan Irak sempat bertemu di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada November 2023.

Kala itu, Skuad Garuda bertandang ke markas Irak di Stadion Internasional Basra yang dipenuhi 65 ribu penonton. Anak asuh Shin Tae-yong kalah 1-5.

Artinya, Timnas Indonesia sudah paham betul bagaimana mengatasi atmosfer tersebut. Tinggal sekarang bagaimana fokus menjalankan taktik agar performa tim bisa maksimal dan tak menelan kekalahan seperti perjumpaan sebelumnya.

Laga Timnas Indonesia vs Irak akan dihelat di Stadion Ahmed bin Ali, Qatar, pada Senin, 15 Januari 2024, pukul 21.30 WIB. Partai ini merupakan pertandingan perdana kedua tim memulai langkah di Grup D Piala Asia 2023.