Manjakan Konsumen, Nio Luncurkan Stasiun Pertukaran Baterai Generasi ke-4

JAKARTA - Sebagai salah satu produsen mobil listrik, Nio terus manjakan para penggunanya dengan stasiun pertukaran baterai yang kini sudah memasuki generasi ke-4.

Dikutip dari laman Cnevpost, Senin, 25 Desember, peluncuran stasiun pertukaran baterai tersebut berlangsung pada acara Nio Day 2023, yang berlangsung Sabtu 23 Desember lalu dan diklaim berkekuatan tinggi dan terget pemasangan untuk tahun 2024.

Berbeda dengan generasi ketiga yang hanya memiliki kapasitas 21 baterai saja, untuk pertukaran baterai memiliki kapasitas lebih banyak yakni 23 unit dengan waktu layanan yang lebih cepat hingga 22 persen.

Sistem pertukaran baterai generasi keempat ini juga akan menampilkan empat chip Nvidia Orin X dengan enam LiDAR sudut ultra. Memungkinkan memberikan pengalaman baru setiap pelanggan. Selain itu, generasi keempat juga akan kompatibel dengan paket baterai multi-ukuran dan mendukung layanan pertukaran baterai dengan merek lain.

"Nio akan melengkapi stasiun generasi keempat dengan sistem fotovoltaik seluas 60 meter persegi, menghemat hampir 18,000 kWh listrik per tahun per stasiun," klaim Nio.

Seperti diketahui, Battery swap station yang saat ini dipasang Nio merupakan generasi ketiga yang diresmikan pada acara Nio Day 2022 pada 24 Desember 2022 lalu.

Lebih detailnya, tempat tersebut mampu menyimpan hingga 21 paket baterai, naik dari 13 paket baterai pada pendahulunya dan lima paket baterai pada fasilitas generasi pertama. Artinya setiap generasi mendapatkan peningkatan penyimpanan.