NIO Akhirnya Luncurkan Stasiun Pertukaran Baterai EV Pertamanya di Jerman
NIO buka stasiun pertukaran baterai EV di Jerman (foto: NIO)

Bagikan:

JAKARTA - NIO, produsen mobil multinasional resmi membuka stasiun pertukaran baterai (Power Swap Station) untuk mobil listrik di Jerman pada Kamis, 29 September kemarin.

Stasiun pertama yang akan dapat melakukan 312 penggantian baterai per hari ini terletak di Zusmarshausen, di bagian selatan negara itu, di jalan raya A8 antara Munich dan Stuttgart. 

"NIO adalah OEM pertama di Jerman yang membangun sistem pertukaran daya yang berfungsi terstandarisasi untuk semua model NIO dan memungkinkan penggantian baterai sepenuhnya otomatis dalam lima menit," kata Ralph Kranz, direktur pelaksana NIO Jerman, dikutip dari Cnevpost.

Jelang pengiriman kendaraan pertama (NIO ET7) yang akan datang di Jerman, pelanggan NIO akan segera dapat merasakan solusi pengisian revolusioner untuk diri mereka sendiri, termasuk pertukaran baterai yang sepenuhnya otomatis, kata perusahaan itu.

Proyek stasiun pertukaran baterai ini sudah dimulai sejak Juni 2022 dengan mitra instalasi TSG Jerman, dan akhirnya telah berhasil diselesaikan setelah tiga bulan konstruksi.

Perusahaan menambahkan, stasiun ini berukuran dua garasi akan memiliki 13 ukuran baterai yang diisi dari 40 kW hingga 80 kW dalam jaringan dan ramah baterai yang tidak menyebabkan puncak jaringan biasa.

"Ini memberi pengguna NIO fleksibilitas maksimum, selain dapat beralih ke ukuran baterai yang berbeda setiap saat dan dengan demikian meningkatkan kendaraan sesuai kebutuhan di masa mendatang, pemikiran tentang masa pakai baterai mereka sudah ketinggalan zaman," Kranz menambahkan.

"Kami percaya bahwa ini adalah stasiun yang ditunjukkan awal bulan ini meninggalkan Pembangkit Listrik NIO Eropa di Hongaria. Bersama dengan dua stasiun yang dipasang di Norwegia (satu di bulan Januari dan satu lagi di bulan Agustus), saat ini ada tiga di Eropa.

Pada akhir 2025, NIO berambisi untuk memasang lebih dari 4.000 stasiun semacam itu, termasuk 1.000 atau lebih di luar China. Di China, perusahaan telah memasang lebih dari 1.100 stasiun (dengan total lebih dari 238.000 mobil yang dikirimkan sejauh ini).