CFMoto Bakal Bangun Motor Yamaha Khusus untuk Pasar China, Bukan Eropa

JAKARTA - Yamaha mengumumkan usaha patungan manufaktur strategis dengan CFMoto di China pada bulan September 2023 lalu. Pengumuman tersebut memicu spekulasi bahwa beberapa model Yamaha yang ditujukan untuk pasar Eropa mungkin diproduksi oleh CFMoto.

Bukan tanpa alasan spekulasi itu hadir, mengingat CFMoto sudah berkolaborasi dengan merek Austria, KTM. Khususnya, CFMoto bertanggung jawab atas produksi kembar paralel 790 Adventure dan Duke KTM di China, dikutip dari laman Bikesrepublic, Jumat, 15 Desember.

Untuk menghilangkan kesalahpahaman, Yamaha Jepang mengeluarkan pernyataan yang secara eksplisit menguraikan bahwa kolaborasi tersebut hanya difokuskan pada kerja sama industri untuk pembuatan kendaraan di China, yang khusus melayani pasar lokal.

Hal ini juga dipertegas oleh Presiden Yamaha Eropa Eric de Seynes, yang mengatakan kepada Motorcycle News (MCN), ia mengatakan kerja sama tersebut hanya untuk pasar domestik China.

“Kesepakatan dengan CFMoto ini benar-benar merupakan usaha patungan untuk mendukung pasar China yang sangat besar dengan model Yamaha tertentu," tegasnya.

Seynes membahas perbandingan kolaborasi CFMoto dengan KTM, yang cukup berbeda dari kemitraan dengan Yamaha. Ia menegaskan, kesepakatan dengan CFMoto tidak sebanding dengan tingkat integrasi yang terlihat dalam kolaborasi CFMoto-KTM.

"Sepertinya sangat berjauhan tentang kedekatan CFMoto dan KTM, mereka (CFMoto) mempunyai aktivitas divisi yang sangat spesifik, dan sepertinya mereka bahkan tidak banyak bicara,” lanjutnya.

Lebih lanjut ia menilai kesepakatan tersebut bersifat oportunistik, didorong oleh keinginan untuk secara efektif melayani pasar Tiongkok yang sedang berkembang. Ia juga menggarisbawahi perbedaan skala, struktur organisasi, dan praktik komunikasi antara CFMoto dan Yamaha, dan menegaskan bahwa kolaborasi ini tidak dimaksudkan sebagai tantangan terhadap posisi KTM di pasar.