Bagikan:

JAKARTA - Dulu, ide gila tentang sepeda motor buatan China yang mmpu bersaing dengan merek Jepang, AS, dan Eropa tampaknya tidak realistis.

Namun, saat ini industri sepeda motor China telah mengalami perkembangan pesat, dengan salah satunya dilakukan oleh CFMoto yang kabarnya akan meluncurkan motor sport atau supersport yang diberi nama 675SR.

Kabar ini muncul saat prototipe motor tersebut tengah diuji coba dalam acara CFMoto Day yang berlangsung di Sirkuit Internasional Zhuzhou, sebagaimana dilaporkan Motorcyclenews, Rabu, 11 Oktober.

Motor tersebut masih dibungkus dengan plastik untuk menyembunyikan detailnya, namun secara sekilas, dua motor ini tampak serupa dengan model 450 SS. Bahkan beberapa fiturnya, seperti lampu, juga tampak serupa.

Selain itu, terdapat sayap melengkung yang terletak di panel samping, yang mirip dengan Honda CBR1000 RR. Bahkan cakram rem depan menyerupai yang digunakan pada motor MotoGP untuk mengalirkan udara ke bagian kaliper.

Meskipun beberapa bagian seperti kaca spion sudah tidak dibungkus lagi, menunjukkan bahwa prototipe supersport ini sudah siap memasuki tahap produksi.

Diperkirakan model ini akan dilengkapi dengan mesin tiga silinder, menggunakan mesin inline-triple, yang pertama kali diperkenalkan pada bulan Maret lalu dengan kapasitas 675 cc. Paten mesin tersebut merujuk pada mesin kembar yang digunakan pada model 450SS.

Ini tentu saja menjadi kabar yang menarik untuk ditunggu, terutama mengingat bahwa China dikenal dengan penawaran harga motor yang lebih terjangkau dibandingkan dengan pabrikan lain.