Ikuti Swedia, Jalan Raya di AS Ini Bakal Disulap Bisa Mengisi Daya Kendaraan Listrik

JAKARTA- Semakin berkembang industri kendaraan listrik berbagai inovasi terbaru terus bermunculan. Salah satunya kehadiran jalan raya yang dapat mengisi daya kendaraan listrik secara otomatis.

Selain di Swedia seperti yang pernah diberitakan VOI sebelumnya yang berkeinginan mengubah jalan raya sepanjang 3.000 km menjadi jalan listrik permanen atau electric road system (ERS) pertama di dunia pada 2025, kabar terbaru dikutip dari laman ArenaEV, Selasa, 5 Desember, langkah serupa akan dilakukan di Amerika Serikat dari hasil kemitraan antara Kota Detroit, Departemen Transportasi Michigan (MDOT), dan perusahaan Israel Electreon, yang mengembangkan jaringan nirkabel.

Stefan Tongur, Wakil Presiden Pengembangan Bisnis Electreon, mengungkapkan kegembiraannya atas usaha perintis ini, ia juga sangat bersemangat untuk menjadi ujung tombak pengembangan.

"Kami sangat bersemangat untuk menjadi ujung tombak pengembangan dan penerapan jalur pengisian daya nirkabel pertama di Amerika," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, proyek ini terletak pada upaya mengatasi tantangan keterbatasan jangkauan, membawa semua orang lebih dekat ke masa depan di mana kendaraan listrik menjadi sebuah norma.

Membentang seperempat mil di lingkungan Corktown yang bersejarah di Detroit, jalan raya berlistrik ini menawarkan pengalaman pengisian daya yang lancar dan aman. Kekhawatiran akan gangguan terhadap kendaraan lain, pejalan kaki, atau satwa liar dapat diatasi dengan teknologi Electreon, yang hanya aktif ketika mobil dengan penerima melewati koil pengisi daya, memastikan energi hanya ditransfer ke kendaraan yang membutuhkannya.

Kemitraan antara Michigan dan Electreon dimulai pada September 2021 ketika Gubernur Gretchen Whitmer membayangkan infrastruktur pengisian daya nirkabel pertama di negara itu. Berdasarkan rencana lima tahun, Electreon dan MDOT kini berupaya menciptakan sistem jalan listrik yang ekstensif.

Pengujian teknologi pengisian daya nirkabel ini dijadwalkan akan dimulai pada tahun 2024, dengan menampilkan van komersial listrik Ford E-Transit. Uji coba ini akan menilai efisiensi, kelayakan operasional, dan prospek jangka panjang transportasi umum.

Lantas bagaimana cara kerjanya? Ketika kendaraan melewati jalan tersebut daya listrik akan mentransfer ulang baterai kendaraan, dan daya tersebut aktif ketika mobil melewati jalan tersebut. sehingga menjamin keselamatan semua pengguna jalan.

Jalan raya berlistrik nirkabel di Detroit menjanjikan pengisian daya yang lebih nyaman, dan dapat menghasilkan peningkatan jangkauan yang baik bagi banyak pengemudi kendaraan listrik.