Foxconn dan Pegatron di India Hentikan Produksi iPhone Akibat Hujan Lebat

JAKARTA - Foxconn dan Pegatron di Taiwan telah menghentikan produksi iPhone dari Apple  di pabrik-pabrik mereka di dekat Chennai, India bagian selatan, karena hujan lebat. Hal ini dikatakan empat sumber yang akrab dengan masalah tersebut pada Senin, 4 Desember.

Hujan deras melanda kota Chennai di negara bagian Tamil Nadu, pusat elektronik dan manufaktur utama, di mana air banjir menyapu mobil dan menutup bandar udaranya karena Topan Michaung menuju ke arah pantai negara bagian tetangga, Andhra Pradesh.

Menurut dua sumber, Foxconn, yang mempekerjakan sekitar 35.000 orang di pabrik iPhone-nya di Tamil Nadu, belum memutuskan apakah akan melanjutkan produksi pada Selasa 5 Desember.

Foxconn dengan cepat memperluas keberadaannya di India dengan berinvestasi di lokasi manufaktur di bagian selatan negara itu karena Apple mencari area untuk memindahkan sebagian produksi dari China.

Apple mencatat pengiriman kuartalan tertingginya dari India dalam kuartal yang berakhir September dengan lebih dari 2,5 juta unit, ini ditunjukkan data dari perusahaan analitik pasar Counterpoint Research.

Apple menolak untuk memberikan komentar. Sementara Foxconn dan Pegatron tidak segera merespons permintaan komentar dari media.

Ini adalah kali kedua dalam beberapa bulan terakhir Pegatron terpaksa menutup pabriknya, setelah sementara menghentikan perakitan iPhone akibat kebakaran pada bulan September 2023.