Pengguna Instagram di Seluruh Dunia Kini Bisa Unduh Video Reels

 JAKARTA – Kepala Instagram Adam Mosseri mengumumkan pembaruan dari Reels pada pagi ini, tepatnya pada Kamis, 23 November. Fitur yang baru diumumkan ini mirip seperti fitur di TikTok.

Seluruh pengguna Instagram kini bisa menyimpan Reels yang sudah ditonton ke galeri. Tentu saja kehadiran fitur ini sangat berguna bagi para pengguna yang ingin mengingat video berupa tips and trick atau video bermanfaat lainnya.

Mosseri mengatakan bahwa setiap Reels yang diunduh akan menampilkan watermark atau tanda untuk menandai karya seseorang. Watermark ini akan terlihat di hampir bagian atas layar, meski agak sedikit ke tengah, dengan ikon Instagram dan nama pengguna di bawahnya.

Watermark ini tidak begitu mencolok jika video yang disimpan penuh dengan warna cerah. Pasalnya, Instagram membuat watermark mereka dengan warna putih dan sepertinya hanya menetap di satu tempat saja.

Sebenarnya, fitur penyimpanan video Reels ke galeri ponsel ini sudah ada sejak awal tahun. Namun, fitur ini masih terbatas bagi pengguna di Amerika Serikat saja. Sekarang, Instagram telah merilisnya secara global.

Untuk menggunakan video ini, pengguna hanya perlu pergi ke Reels dan melihat video yang ingin mereka simpan. Setelah itu, pilih ikon Bagikan di Reels dan pilih menu Unduh yang berada di samping menu Simpan Link.

“Akun publik dapat menonaktifkan kemampuan orang untuk mendownload Reels mereka. Jika Reels yang Anda sukai tidak memenuhi syarat untuk diunduh, Anda masih dapat mengetuk tiga titik dan Simpan untuk ditonton nanti di aplikasi,” tulis Mosseri dalam broadcast channel.

Meski Mosseri mengatakan bahwa video Reels sudah bisa diunduh, VOI sudah mencobanya dan fitur ini belum terlihat. Artinya, Instagram masih melakukan pembaruan secara bertahap hingga pengguna di seluruh negara bisa memanfaatkan fitur ini.