Google Meet Akan Tambahkan Fitur Deteksi Angkat Tangan

 

JAKARTA – Sejak awal tahun ini, Google berencana menambahkan fitur deteksi gerakan di Google Meet. Dengan adanya fitur ini, pengguna hanya perlu mengangkat tangan ketika ingin bertanya.

Wacana yang muncul selama beberapa bulan ini akhirnya terealisasi. Dalam laporan 9to5google, fitur ini akan diluncurkan pada beberapa minggu mendatang. Namun, belum ada tanggal perilisan resmi dari Google.

Sebelum fitur ini muncul, Google Meet telah menghadirkan fitur khusus bagi pengguna untuk menginterupsi pertemuan. Fitur ini dinamakan Raise Hand atau Angkat Tangan, tetapi bentuknya masih berupa tombol.

Fitur Angkat Tangan berada di toolbar bagian bawah. Ketika ikon ini diketuk, pengguna lain atau pembawa acara bisa tahu bahwa Anda ingin mengatakan sesuatu. Fitur ini sangat berguna dalam pertemuan online yang memiliki sesi tanya jawab.

Akan tetapi, deteksi tangan akan terasa jauh lebih mudah dibandingkan tombol ini. Pengguna hanya perlu mengangkat tangan hingga indikator muncul di layar. Indikator ini akan bergerak dan memberi perintah angkat tangan Anda.

Pastikan untuk mengangkat tangan hingga indikator muncul dan menghilang dari layar. Selain itu, jauhkan tangan dari wajah dan tubuh agar Google Meet bisa mendeteksi tangan Anda dengan benar.

Fitur ini bisa diaktifkan dan dinonaktifkan melalui Opsi, kemudian buka Reaksi dan pilih Gerakan Angkat Tangan. Meski akan diluncurkan dalam beberapa minggu mendatang, tidak semua pengguna bisa merasakan fitur ini.

Fitur deteksi Angkat Tangan hanya akan tersedia untuk Google Workspace Business Plus, Business Standard, Enterprise Essentials, Enterprise Plus, Enterprise Standard, Enterprise Starter, Education Plus, pelanggan Teaching and Learning Upgrade, dan pelanggan Google Workspace Individual.