Fitur Baru <i> Google Workspace </i> yang Wajib Anda Coba, Bikin WFH Makin Mudah dan Menyenangkan
Fitur baru Google Workspace (The Conversation)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kehadiran pandemi mengubah banyak hal. Salah satunya yakni pertumbuhan sistem kerja jarak jauh -atau juga dikenal sebagai kerja remote. Dan di tengah kondisi itu, Google Workspace hadir sebagai salah satu platform kolaborasi yang diandalkan banyak perusahaan.

Google Workspace merupakan platform yang menyediakan layanan produktivitas secara daring. Di dalamnya, terdapat berbagai jenis platform yang bisa diandalkan. Mulai dari Google Docs, Spreadsheet, Slide, Calender, Meet, dan masih banyak lagi.

Kini, pandemi mulai menunjukkan gejala mendekati akhir. Tak sedikit perusahaan yang berencana menerapkan sistem kerja hibrida -yakni gabungan antara WFH dan WFO. Dan menghadapi kondisi tersebut, Google tak berhenti dalam mengembangkan layanan Workspace.

Hasilnya, perusahaan baru saja meluncurkan sejumlah pembaruan berupa fitur untuk layanannya. Berikut ini 3 fitur baru Google Workspace yang menjanjikan kenyamanan Anda ketika bekerja secara daring.

Time Insights

Saat kerja remot, banyak karyawan yang mengaku kesulitan dalam melacak waktu kerja. Untuk mengatasi hal itu, Google memperkenalkan fitur Time Insight pada layanan Google Calendar.
Fitur ini berfungsi untuk melacak jumlah waktu yang Anda habiskan dalam setiap aktivitas. Mulai dari meeting, mengerjakan project, dan lain sebagainya.

Fitur Time Insight juga menyediakan analisa terhadap penggunaan waktu. Menggunakan fitur ini, para pekerja remot pun bisa lebih mudah mengatur waktu kerja. Hanya saja, fitur ini baru tersedia pada layanan berbagai Google Workspace.

Saran Formula di Spreadsheet

Platform Google Spreadsheet menyediakan layanan pengolahan data mirip Excel. Seperti platform kembangan Microsoft tersebut, Spreadsheet juga dibekali berbagai formula yang memudahkan pengguna dalam mengolah dan menganalisa data.

Baru-baru ini, Google menambahkan fitur anyar pada platform pengolah data miliknya ini. Yakni berupa fitur rekomendasi Formula. Fungsi tersebut mungkin terlihat sederhana. Tapi bagi Anda yang aktif memanfaatkan Spreadsheet setiap hari, tentu memahami betapa berharganya fitur ini.

Soalnya, fitur baru Spreadsheet ini memungkinkan pengguna menghemat waktu selama mengolah data. Sehingga, waktu kerja pun bisa dipangkas lebih banyak, bukan?

Deteksi Gema di Google Meet

Tak jarang, pengalaman selama video konferensi menggunakan Google Meet terganggu jika lingkungan sekitar terlalu bising. Membuat suara pembicara sulit didengar dan dipahami partisipan lainnya.

Sedangkan untuk memastikan seluruh partisipan bisa mendengar suara pembicara dengan jelas, penting untuk mengurangi tingkat kebisingan di sekitar. Dan sebelumnya, mendeteksi serta mengatur suara bising lingkungan saat pertemuan online merupakan problem yang sulit diatasi.

Tapi, itu sebelumnya, Kini, Google sudah meluncurkan fitur anyar untuk mengatasi hal tersebut. Google Meet bisa mendeteksi partisipan yang membuat bising video konferensi kemudian memberi pemberitahuan pada mereka.

Di samping itu, tersedia pula fitur yang berfungsi utuk mengurangi tingkat kebisingan. Tapi tetap saja, fungsi fitur ini terbatas. Jika bisingnya lingkungan sekitar seperti Anda berdiri di pinggir jalan raya, fitur anyar Google ini tentu akan kesulitan untuk mengatasinya.

Nah, itulah tiga fitur anyar Google Workspace yang bisa Anda gunakan. Dengan memanfaatkan ketiga fitur di atas, dijamin kerja remote yang Anda jalani akan terasa lebih mudah dan menyenangkan.