Cara Mengatur Laptop Windows Agar Membuatmu Lebih Produktif
Cara mengatur laptop agar lebih produktif (Makeuseof)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Dulu, pernah ada masa di mana komputer hanyalah perangkat kerja saja. Saat itu, komputer cuma bisa menjalankan beberapa aplikasi sederhana. Dan bisa dibilang, keterabatasan itu malah membuat orang makin fokus untuk bekerja.

Akan tetapi, teknologi berkembang cepat. Kini, berkat kemampuan komputer yang makin sulit, kita dikelilingi lebih banyak distraksi. Membuat fokus untuk kerja atau melakukan aktivitas menjadi sesuatu yang sulti dijalani.

Sebagai manusia, kita tentu saja tidak bisa memutar waktu. Yang bisa kita lakukan hanyalah merancang strategi agar waktu kerja Anda saat menggunakan komputer bisa lebih fokus dan produktif.

Di bawah, tim VOI sudah merangkumkan beberapa alat berupa perangkat lunak. Masing-masing bisa membantu Anda agar lebih mudah mendapatkan fokus. Jika merasa mudah terdistraksi, langsung pasang salah satu alat di bawah.

Bikin Rencana Kegiatan Harian dengan Toggl Track

Kini, makin mudah bagi kita untuk menghabiskan waktu di depan komputer tanpa melakukan sesuatu yang produktif. Pasalnya, distraksi yang dihasilkan dunia digital rata-rata memiliki tujuan yang sama: mengalahkan fokusmu.

Itulah kenapa media sosial, media online, layanan streaming, dan masih banyak lagi jenis layanan lainnya dipilih dengan penuh hati-hati dan perhitungan. Pemilihannya tentu saja demi meningkatkan engagement, lalu berdampak pada keuntungan perusahaan.

Oleh karena itu, salah satu hal penting yang perlu Anda lakukan demi menjaga fokus adalah dengan menjaga prioritas. Sudah ada beberapa alat yang bisa Anda manfaatkan. Salah satunya adalah Toggl Track.

Perangkat lunak ini bakal membantumu menyelesaikan setiap tugas yang sudah ditetapkan. Kemudian, juga menjadi pengingat kala Anda malah menghabiskan waktu untuk aktivitas lain.

Minimalisir Waktu Online di Medsos Menggunakan Leechblock

Hari ini, online sepanjang waktu bukan lagi hal yang aneh. Itulah mengapa, Anda tetap berusaha menjawab pesan dari orang lain -meskipun saat waktu kerja. Supaya tidak repot, sebagian besar dari kita lebih memilih untuk mengaktifkan aplikasi chat lewat browser yang dipakai untuk kerja.

Anda salah satunya? Padahal, setiap pemberitahuan yang masuk pada aplikasi chat merupakan distraksi terbesar. Dan untuk mengatasi distraksi itu, Anda bisa memanfaatkan ekstensi browser bernama LecchBlock.

Ekstensi yang bisa Anda pasang pada Chrome dan Mozilla Firefox ini bermanfaat untuk mengatur jadwal agar aplikasi atau halaman site tertentu diblokir. Sehingga, Anda pun tidak bisa untuk mengkaksesnya.

Rapikan Catatan di Layar dengan Desktop Wallpaper Organizer

Sudah jadi kebiasaan untuk menempelkan catatan atau note pada layar laptop. Apalagi, sudah ada banyak program ringan yang bisa Anda gunakan: mulai dari aplikasi pihak ketiga hingga aplikasi bawaan.

Masalahnya, saat note terlalu banyak dan memenuhi layar, Anda pun bakal sulit untuk mencari catatan yang dibutuhkan, bukan? Untuk itu, Anda perlu memanfaatkan Desktop Wallpaper Organizer.

Ini adalah wallpaper yang dirancang khusus agar memudahkan Anda mengatur catatan yang menempel di layar desktop. Dengan begitu, Anda bisa memilih dan menyesuaikan tugas berdasarkan deadline, klien, dan lain sebagainya.

Di zaman kemudahan teknologi, fokus adalah sesuatu yang sulit kita capai. Padahal, fokus dibutuhkan agar Anda tetap produktif dan lancar dalam bekerja. Maka dari itu, saat Anda merasa kesulitan, tak perlu segan untuk memanfaatkan salah satu aplikasi di atas.