Cara Membersihkan RAM Laptop Windows, Agar Performa Perangkat Makin Cepat
Cara membersihkan RAM laptop Windows (Makeuseof)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Ingin tahu bagaimana cara membersihkan RAM laptop Windows? Tak perlu pindah ke lain tempat. Penulis sudah menyiapkan beberapa langkah yang bisa Anda lakukan.

Cara ini wajbi dijalankan jika Anda pernah mendapat pemberitahuan bahwa RAM laptop penuh. Seperti yang Anda rasakan, saat pemberitahuan tersebut muncul tentu performa laptop jadi makin lambat, bukan?

Oleh karena itu, membersihkan file sisa pemrosesan pada RAM merupakan langkah penting untuk meningkatkan performa perangkat. Jika Anda ingin melakukannya, tim VOI sudah merangkumkan beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan. Simak uraian di bawah.

Restart PC atau Laptop

Cara pertama merupakan cara paling mudah. Ini juga dikenal sebagai cara yang paling ampuh untuk mengatasi sejumlah error pada laptop maupun komputer Anda.

Dengan me-restart PC atau laptop, sebagian besar file yang tersimpan pun bakal dibersihkan serta memulai ulang seluruh pemrosesan. Memang, cara ini tidak bisa meningkatkan kapasitas RAM yang tersedia. Tapi, dengan membersihkan pemrosesan yang berjalan, perangkat bakal jadi lebih cepat.

Apalagi jika Anda jarang mematikan perangkat. Anda tentu akan merasakan performa laptop yang makin lambat, bukan? Maka, saat kondisi tersebut dialami, langsung jalankan langkah ini.

Cek Penggunaan RAM dengan Alat Bawaan Windows

Anda tak perlu menebah program apa saja yang memakan resources RAM paling besar. Soalnya, Windows sudah menyediakan alat yang bisa digunakan untuk mengeceknya. Cukup buka Task Manager saja. Caranya dengan menekan tombol Ctrl + Shitf + Esc secara bersamaan.

Begitu jendela Task Manager muncul, klik menu More details lalu klik kotak menu Processes. Selanjutnya lalu klik Memory untuk melihat seluruh pemrosesan yang sedang berjalan.

Sedangkan jika Anda ingin mendapatkan informasi yang lebih detail, pindah klik kotak Performance. Terakhir, sortir data dengan mengklik Commit (KB) untuk melihat program yang paling banyak menghabiskan RAM.

Uninstall atau Disable Software yang Tidak Dibutuhkan

Kini, saat Anda sudah tahu apa saja aplikasi yang paling banyak mengkonsumsi RAM, waktunya untuk mempertimbangkan. Apakah Anda benar-benar membutuhkan aplikasi tersebut? Atau, apakah ada software sejenis yang mengkonsumsi RAM lebih sedikit?

Seperti yang bisa Anda duga, langkah selanjutnya tentu saja dengan mencopot pemasangan atau disable software yang tidak terpakai. Terutama jenis software yang berjalan di latar belakang.

Soalnya, software ini biasanya yang mengkonsumsi paling banyak resource. Untuk mencopot pemasangan software bukanlah perkara sulit.

Cukup buka Settings, pilih Apps, lalu klik menu Apps & Features. Setelah itu, klik tombol Uninstall yang muncul ketika Anda memilih software yang ingin dihapus.

Itulah beberapa cara membersihkan RAM laptop Windows. Dengan melakukan cara di atas, dijamin perangkat yang Anda pakai bakal lebih enteng dan performanya cepat.