OneWeb Kantongi Izin Peluncuran Layanan Broadband Satelit di Asia Selatan

 

JAKARTA – OneWeb, perusahaan penyedia konektivitas satelit, mendapatkan persetujuan dari badan pengawas ruang angkasa, IN-SPACe, di India untuk meluncurkan layanan broadband satelit komersial.

Layanan ini diizinkan untuk didistribusikan di negara Asia Selatan seperti Afghanistan, Sri Lanka, Pakistan, Bangladesh, dan masih banyak lagi. Namun, peluncuran ini akan bergantung pada penentuan spektrum yang dibatasi pemerintah setempat.

Dari laporan TechCrunch, One Web mengeklaim bahwa mereka merupakan perusahaan pertama yang menerima otorisasi dari IN-SPACe untuk meluncurkan layanan broadband satelit di India, pengguna layanan internet terbesar kedua di dunia.

Sebelum IN-SPACe memberikan izin, OneWeb juga telah menerima lisensi dari Kementerian Telekomunikasi India untuk mendirikan dua gateaway, perangkat lunak penghubung jaringan, di Gujarat dan Tamil Nadu.

Harapannya, OneWeb bisa menyediakan konektivitas internet yang lebih cepat dan latensi yang lebih rendah kepada seluruh pelanggan di India. Perusahaan itu akan mengandalkan internet dari pancaran satelit untuk menekan biaya.

Sejak Januari tahun ini, OneWeb sudah membangun konstelasi satelit di Orbit Rendah Bumi (LEO). Satelit-satelit itu diluncurkan oleh NewSpace India Limited (NSIL) dan Badan Penelitian Antariksa India (ISRO).

Sebagai bagian dari Eutelsat Group, OneWeb yakin bahwa konstelasi satelit LEO akan melengkapi kebutuhan koneksi terestrial dengan koneksi satelit yang terintegrasi dalam jangka panjang.

Meski sudah diizinkan, OneWeb belum memberikan informasi tambahan mengenai rencana penyebaran layanan broadband mereka. Setidaknya, mereka sudah mengantongi izin untuk saat ini.