7 Aplikasi Pengatur Keuangan dengan Fitur Lengkap, Memudahkan Pengelolaan Dana

YOGYAKARTA - Mengatur keuangan merupakan aktivitas penting yang perlu dilakukan untuk merencanakan finansial baik jangka pendek maupun jangka panjang. Namun masih banyak orang yang malas dan kesulitan merencanakan keuangan. Padahal saat ini ada beberapa aplikasi pengatur keuangan yang bisa Anda manfaatkan. 

Tanpa melakukan perencanaan keuangan, pengeluaran Anda sulit terlacak dan tidak terkontrol. Anda perlu mencatat pemasukan dan menentukan alokasi-alokasi keuangan secara tepat demi keamanan finansial serta mencapai target-target keuangan di masa mendatang. 

Mengatur keuangan secara manual di buku catatan memang cukup merepotkan. Hadirnya platform financial planner akan membantu Anda mengatur keuangan secara lebih praktis. Lantas apa saja aplikasi pengatur keuangan yang bisa Anda gunakan?

Rekomendasi Aplikasi Pengatur Keuangan

Setiap orang maupun keluarga harus aware terhadap kondisi finansial dan perencanaan keuangannya. Berikut ini beberapa aplikasi pengatur keuangan yang bisa Anda manfaatkan untuk mengelola keuangan. 

Finansialku

Salah satu aplikasi pengatur keuangan yang populer digunakan banyak orang adalah Finansialku. Platform ini memberikan kemudahan penggunaan dan terjamin keamanannya karena telah memiliki sertifikat Certified Financial Planner (CFP). 

Dengan memakai aplikasi Finansialku, Anda bisa menetapkan anggaran berdasarkan dana akun Anda dan diakses secara gratis. Aplikasi ini membantu Anda dalam melihat jejak transaksi hingga mencatat seluruh aktivitas menabung. 

Money Lover

Aplikasi pengatur keuangan lainnya yang mudah dan nyaman digunakan adalah Money Lover. Aplikasi ini dapat Anda jadikan asisten untuk membantu pengelolaan keuangan, mulai dari alokasi anggaran, transaksi, tabungan, dan sebagainya. Dengan memakai aplikasi ini, Anda bisa mengelola spending bulanan seperti biaya makan, transportasi, listrik, hiburan, dan lainnya. 

Wallet

Wallet juga menjadi aplikasi pengatur keuangan yang sudah terkenal dalam memudahkan pengelolaan keuangan. Dalam aplikasi ini terdapat berbagai fitur yang akan membantu Anda dalam mencatat pemasukan dan pengeluaran, serta mengatur anggaran. 

Aplikasi ini juga memiliki fitur yang menghubungkan rekening bank dan e-wallet ke aplikasi ini. Selain itu, Wallet juga memberikan keamanan bagi penggunanya karena semua data bisa dibackup melalui fitur Cloud Sync. 

Money Manager

Aplikasi pengatur keuangan yang juga memiliki banyak fitur untuk memudahkan pengelolaan keuangan adalah Money Manager. Anda bisa menggunakan fitur pencatatan keuangan pada aplikasi ini untuk mengelola pengeluaran harian maupun bulanan. 

Money Manager menyediakan laporan keuangan dari harian hingga tahunan. Anda bisa mengunduh laporan keuangan tersebut dalam berbagai format pilihan, salah satunya PDF. Aplikasi ini nyaman dan aman dipakai karena terdapat fitur passcode atau PIN untuk perlindungan aksesnya. 

Spendee

Aplikasi Spendee mengajak Anda memantau langsung kebiasaan Anda dalam menggunakan uang. Melalui aplikasi pengatur keuangan ini, Anda bisa dengan mudah tracking pengeluaran untuk meminimalisir adanya kebocoran dana. 

Spendee juga menyediakan fitur untuk mengkoneksikan rekening bank dan e-wallet dengan aplikasi ini. Selain itu, terdapat juga fitur Joint Funding yang bisa digunakan untuk mengatur keuangan bersama pasangan atau partner Anda.

Monefy

Monefy merupakan aplikasi pengatur keuangan cocok bagi Anda yang tidak mau ribet dalam mengelola dana. Aplikasi ini menghadirkan tampilan yang sederhana namun tetap menyediakan banyak fitur. 

Dengan memakai Monefy, Anda bisa melacak aktivitas keuangan Anda seperti pengeluaran harian. Kelebihan lain yang ditawarkan aplikasi ini adalah bisa membuat lebih dari 1 akun, sehingga tidak perlu menggunakan banyak aplikasi dalam satu ponsel. 

DompetKu

DompetKu juga menjadi aplikasi keuangan terbaik lainnya yang bisa Anda pilih. Aplikasi ini menawarkan banyak kelebihan untuk memudahkan pengelolaan keuangan, seperti adanya fitur multiple accounts untuk mengatur uang dari berbagai sumber pemasukan. Selain itu, Anda tidak perlu takut kehilangan data karena dapat dihubungkan dan tersimpan di Google Drive. 

Demikianlah beberapa aplikasi pengatur keuangan yang bisa Anda gunakan untuk memudahkan pengelolaan uang. Setiap aplikasi menawarkan fitur masing-masing yang kurang lebih sama, sehingga pilih sesuai kebutuhan Anda. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.