Satu-satunya Lagu Pearl Jam tanpa Eddie Vedder pada Lini Vokal

JAKARTA - Inti dari setiap lagu Pearl Jam yang hebat berkisar pada vokal Eddie Vedder. Sejak dia membuka mulut untuk menyanyikan nada pembuka Once pada album debut Pearl Jam, Ten, suara bariton itu menjadi gaya khas banyak penyanyi alternatif, mengadopsi yarl sebagai bagian dari kosakata musik mereka untuk dekade berikutnya sejarah rock. Meskipun Pearl Jam punya senjata rahasia dengan Vedder, nyatanya ada satu lagu yang hampir tidak menampilkan vokalisnya sama sekali.

Terbentuk dari abu Mother Love Bone, salah satu kekuatan terbesar di mata Stone Gossard adalah bergabungnya Vedder pada vokal. Awalnya bekerja sebagai petugas pompa bensin di San Diego, Vedder menerima rekaman dari Gossard melalui drumer Red Hot Chili Peppers Jack Irons, di mana dia mengisi vokal untuk apa yang kemudian menjadi lagu seperti Alive.

Ketika band ini mulai menjadi terkenal, Vedder bersikeras untuk memiliki lebih banyak kendali kreatif dari yang bersedia diberikan oleh Gossard. Ketika berbicara tentang Vedder yang mengemudikan kapal dalam film dokumenter Pearl Jam Twenty, Gossard ingat perasaan tidak nyaman dengan pernyataan Vedder pada dirinya sendiri, "Sangat aneh bahwa visi saya tentang apa yang saya inginkan dari band ini segera diambil alih oleh Ed".

Menjadi wajah de facto grup di setiap majalah, Vedder ingin menjauhkan band ini dari musik rock konvensional, bereksperimen dengan arah suara mereka dalam album Vitalogy. Sementara ketegangan dalam Pearl Jam sedang tinggi selama rekaman album ketiga mereka, No Code memperlihatkan semangat band berada pada titik terendah sepanjang masa.

Direkam dengan cepat, tidak ada anggota band yang berkomunikasi dengan benar, dengan Jeff Ament mengancam akan keluar dari band setelah semua orang mulai merekam album tanpa dia. Terlepas dari sibuknya proses produksi, No Code menampilkan beberapa lagu yang melampaui batas-batas Pearl Jam sebelumnya. Meskipun permainan drum tribal pada single utama Who You Are mungkin terlalu berseni untuk diterima oleh para penggemar, band ini masih memiliki bakat untuk ciri khas rock alternatif mereka, dari entakan Hail Hail hingga balada terbaru Vedder, Off He Goes.

Meskipun sesi-sesi yang menegangkan ini mungkin sulit untuk dilalui, hal ini menghasilkan salah satu eksperimen paling berani dalam karier mereka: menyerahkan mikrofon kepada orang lain. Untuk lagu Mankind, Gossard mengambil tugas vokal utama, memainkan lagu rave-up rock and roll standar yang cocok dengan sisi edgy dari R.E.M. dan perasaan bobrok dari The Replacements.

Karena Gossard telah membuat gelombang dengan proyek sampingannya, Brad, sekitar waktu ini, ini terasa seperti perpanjangan alami dari apa yang sudah dia lakukan, hingga menggunakan urutan akord serupa yang dia gunakan di bandnya yang lain. Dibandingkan dengan geraman Vedder yang biasa, vokal Gossard memiliki energi punk rock yang menegangkan, cocok di antara suara lembut Iggy Pop dan energi manik David Byrne.

Terlepas dari eksperimen tersebut, Gossard tidak akan lagi berada di belakang mikrofon dengan Pearl Jam, hanya sesekali meminjamkan vokal latar untuk lagu-lagu seperti Better Man setiap kali grup tersebut tampil live. Meskipun Gossard memiliki banyak proyek sampingan yang berbeda untuk mengekspresikan dirinya, mudah baginya untuk membiarkan gitarnya berbicara ketika memainkan lagu seperti Even Flow dan Daughter.

>