Ketika Josh Klinghoffer Jadi Drumer Pearl Jam Lagi
Josh Klinghoffer (Instagram @eye0pener)

Bagikan:

JAKARTA - Untuk ketiga kalinya sejak Mei 2022, anggota tur Pearl Jam, Josh Klinghoffer kembali dipanggil untuk bermain drum dalam waktu singkat pada 13 September malam di Fort Worth, Tx., di saat Matt Cameron belum pulih dari serangan COVID -19.

Penyakit yang diderita Cameron, bersamaan dengan pentolan Eddie Vedder yang sedang berjuang melawan flu, tampaknya menyebabkan Pearl Jam menunda pertunjukan hari Minggunya di luar Indianapolis.

Vedder merasa cukup baik untuk tampil di panggung malam ini, tetapi proses pemulihan Cameron yang berkelanjutan membuat dia tidak dapat tampil. Masuklah, Klinghoffer.

Tidak seperti tahun lalu di Oakland dan Fresno, Ca., ketika dia berbagi tugas drum dengan Richard Stuverud dan drumer orisinal Pearl Jam, Dave Krusen, Klinghoffer memainkan seluruh pertunjukan di Fort Worth, di mana dengan 27 lagu dan 155 menit merupakan durasi terpanjang dari durasi pendek tur musim gugur AS Pearl Jam sejauh ini.

Di antara yang langka hanyalah penampilan lagu ketiga Satan's Bed dari album Vitalogy sejak tahun 2016 dan yang kedua dari Pilate milik Yield sejak tahun 2018. Enam lagu dimainkan dari Yield, dengan satu-satunya lagu di set list yang dirilis setelah tahun 1998 adalah Mind Your Manners, dari Lightning Bolt tahun 2013.

Klinghoffer bergabung dengan Pearl Jam sebagai anggota tur pada awal tahun 2020 tepat pada waktunya untuk berpartisipasi dalam latihan tur musim semi untuk mendukung album Gigaton, tetapi ketika pertunjukan tersebut ditunda karena pandemi COVID-19, dia harus menunggu hingga 18 September 2021 untuk benar-benar tampil bersama band di depan penonton di festival Sea.Hear.Now di New Jersey.

Multi-instrumentalis ini sebelumnya menjabat sebagai gitaris utama di Red Hot Chili Peppers dari 2009 hingga 2019, ketika ia digantikan oleh gitaris orisinal John Frusciante. Dia juga penggemar seumur hidup Pearl Jam yang memiliki perangkat drum yang digunakan mantan anggota Jack Irons di album No Code dan Yield.