Bagikan:

JAKARTA - Inti dari setiap lagu Phil Collins yang bagus berkisar pada drum. Meskipun Collins mencari nafkah di luar Genesis sebagai salah satu penulis lagu paling sakarin di tahun 1980-an, jumlah detail yang dia masukkan ke dalam setiap perkusi tidak tertandingi oleh siapa pun di bidangnya, termasuk anugerah Tuhan dalam lagu In the Air Tonight. Meskipun Collins telah bekerja keras untuk mendapatkan rasa hormat di antara rekan-rekan drumernya, hanya ada satu artis yang dia anggap lebih baik dari siapa pun.

Berasal dari dunia rock progresif, Collins memiliki selera musik yang jauh lebih eklektik dibandingkan kebanyakan orang sezamannya. Mengingat kemampuannya dalam menggabungkan poliritme kompleks ke dalam persamaan, pengaruh personel Genesis ini terhadap musik cenderung datang dari genre yang luas seperti klasik dan jazz.

Bahkan sebelum Collins mencoba menguasai paradiddle dasar, Buddy Rich sudah membuat gebrakan sebagai drumer paling kuat yang pernah hidup. Meskipun dia tidak ingin berhubungan dengan rock and roll, ayunan khas yang dibawakan Rich ke band jazz-nya adalah salah satu titik balik dalam sejarah permainan drum, memiliki rasa kekuatan yang bersifat kebinatangan sambil menjaga segala sesuatunya di saku sepanjang setiap lagu.

Menurut Tim Coffman dari Far Out Magazine, ketika Collins pertama kali mendengar gaya Rich, dia terpesona, dan mengenang, “Saya pikir dia adalah drumer terhebat sepanjang masa. Saya bertemu dengannya sekali, dan pertama-tama, bersama The Beatles dan The Who, dan semua bintang pop, saya juga mendengarkan musik jazz big-band, jadi Count Basie adalah seseorang di bandnya dan Buddy Rich, dan saya menemukan Medley West Side Story dari Buddy Rich pada tahun 1965 dan masih merupakan karya yang luar biasa. Jika Anda belum pernah mendengarnya, Anda harus mendengarnya. Dia berada dalam performa terbaiknya sepanjang waktu”.

Meskipun ada lebih dari beberapa licks yang diambil Collins dari artis seperti John Bonham dan Ginger Baker di balik kit tersebut, Buddy Rich mungkin merupakan salah satu pengaruh paling nyata pada gayanya. Meskipun Baker dan Bonham menginginkan suara yang berada di antara drumer dan hewan liar, pendekatan Collins hampir tepat secara klinis, membuat lagu yang memiliki kekuatan tanpa mengorbankan kekerasan demi komposisinya.

Bahkan ketika bergerak di depan mikrofon di Genesis, drum masih memegang peranan penting. Saat melihat album pertama Collins sebagai penyanyi, A Trick of the Tail, rasa bakat yang kaya itu masih utuh di lagu pertama Dance on a Volcano, memainkan perubahan tanda waktu yang berbeda dari Tony Banks dan Mike Rutherford, mencapai klimaks dalam drum roll besar-besaran yang tidak akan terasa aneh seperti crescendo di akhir lagu big band.

Lagi pula, Rich tidak pernah bermain demi tampil mencolok, dan karya klasiknya yang paling bertahan lama melibatkan dia memberikan irama halus agar sisa lagu bisa bernapas. Rasa presisi dalam menampilkan alur drum yang sederhana juga lazim setiap kali Collins mengerjakan perkusi, membuat pengisian drum dasar dalam In the Air Tonight terdengar seperti prestasi paling mencengangkan dalam sejarah permainan drum berdasarkan seberapa besar tenaga yang dikeluarkan ke dalamnya.

Kesamaan antara rock progresif dan era swing mungkin tampak seperti siang dan malam, tetapi ada kemungkinan besar Rich bisa mengajari Collins satu atau dua hal tentang cara bermain drum dengan baik dan benar.