Chery Omoda 5 Siap Membuat Terobosan di Pasar Inggris, Ditawarkan Lebih Mahal dari di Indonesia

JAKARTA - Sejak diluncurkan secara global pada tahun lalu, Chery Omoda 5 telah berhasil mencuri perhatian penggemar otomotif di seluruh dunia. Keberhasilannya ini tak lain berkat desain dan teknologi yang ditawarkan dalam SUV ini.

Dalam upayanya untuk memperluas pangsa pasar global, Chery baru-baru ini mengumumkan rencananya untuk membawa Omoda 5 ke pasar Inggris. Model ini menjadi langkah pertama Chery dalam ekspansinya ke pasar internasional.

Chery Omoda 5 dijadwalkan akan tiba di pasar Inggris pada bulan Februari 2024 mendatang. Kedatangan model ini juga akan disertai dengan penyediaan jaringan dealer yang luas.

"Kami berencana untuk memiliki sekitar 40-50 dealer ketika kami meluncurkannya pada bulan Februari mendatang," ungkap Victor Zhang, Manajer Chery UK, seperti dikutip dari Autocar, Senin, 11 September.

Omoda 5 memiliki dimensi panjang 4.400 mm, lebar 1.830 mm, tinggi 1.585 mm, dan jarak sumbu roda sepanjang 2.630 mm. Di pasar Inggris, Chery Omoda 5 akan dilengkapi dengan mesin 1.6 liter TGDI yang menghasilkan tenaga sebesar 194 dk dan torsi 290 Nm.

Chery Omoda 5 dalam varian Comfort akan menawarkan pelek alloy 17 inci, layar sentuh 10,25 inci, sistem pengendalian iklim dual-zone, kompatibilitas Apple CarPlay dan Android Auto, dua port pengisian nirkabel untuk perangkat gawai, serta pencahayaan ambient.

Sementara itu, trim Noble akan menambahkan fitur-fitur tambahan seperti pemanas pada setir kemudi yang berlapis kulit, sunroof, dan pelek berukuran 18 inci yang lebih besar.

Harga Chery Omoda 5 diperkirakan berkisar antara 24.000 hingga 27.000 poundsterling, setara dengan Rp460,5 jutaan hingga Rp518,1 jutaan. Namun meski harganya lebih tinggi dari di Indonesia, Omoda 5 masuk segmen kendaraan sangat terjangkau di Inggris.

Chery memiliki target ambisius untuk menjual hingga 10.000 unit Omoda 5 di Inggris, termasuk versi ICE, PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle), dan BEV (Battery Electric Vehicle). Meskipun demikian, Chery saat ini lebih fokus pada kendaraan listrik.

Selain Omoda 5, Chery juga berencana untuk memperkenalkan model lainnya di Inggris, termasuk Jaecoo 7, SUV berukuran besar dengan pilihan mesin bensin dan plug-in hybrid (PHEV).

Chery juga akan membawa Omoda 5 EV ke Inggris, yang akan bersaing dengan Toyota bZ4x dan Nissan Ariya. Model ini akan dilengkapi dengan baterai berkapasitas 61 kWh yang menghasilkan tenaga sebesar 221 dk, mampu mempercepat dari 0 hingga 100 km/jam dalam 7,8 detik, dan memiliki jangkauan hingga 450 km dengan pengisian daya cepat dari 0 hingga 80 persen hanya dalam 25 menit.

Dengan kedatangan Chery, merek China semakin melengkapi kehadirannya di pasar Inggris, seiring dengan upaya Great Wall Motors (GWM) melalui merek Ora yang telah memperkenalkan kendaraan listriknya di wilayah Inggris dan Eropa.