Bagikan:

JAKARTA - Chery baru merilis harga SUV terbaru Omoda 5 di GJAW 2023. Omoda 5 merupakan SUV premium ketiga yang diluncurkan Chery di Indonesia setelah Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro. Dikatakan, Chery menargetkan produk ini untuk konsumen muda yang tidak hanya suka dengan tampilan mobil sporty dan gagah, tapi juga premium.

Kehadiran Omoda 5 diyakini mengganggu pasar SUV Indonesia yang sudah dikelilingi pabrikan lain termasuk All New Honda HR-V yang juga baru dirilis.

Nah, sama-sama SUV dan tentunya memiliki kapasitas yang besar, apa saja perbedaan di dalamnya? Berikut perbandingan kedua mobil ini menurut penelusuran VOI.

Mesin

Kedua mobil tersebut memiliki persamaan pada bagian mesin, yaitu dibekali 1498 cc serta berbahan bakar bensin yang digabungkan dengan transmisi CVT.

Namun, daya yang dihasilkan kedua mobil tersebut berbeda, Omoda 5 dapat menghasilkan daya sebesar 145 dk dengan torsi 230 Nm. Sedangkan, HR-V hanya menghasilkan 119 dk dan torsi 145 Nm.

Dimensi & kapasitas

Dari segi dimensi, Omoda 5 memiliki ukuran yang lebih besar bila dibandingkan dengan Honda HR-V.

Dengan panjang 4.400 mm, lebar 1.830 mm dengan tinggi 1.588 mm, sedangkan Honda HR-V unggul pada tinggi mobil 1.590 mm.

Persamaan antara keduanya ialah memiliki kapasitas dengan lima tempat duduk di dalamnya.

Omoda

Chery Omoda 5 di GJAW 2023. (Foto: Bagus Muhammad Hafizh/VOI)

Fitur

Honda HR-V tidak memiliki curtain airbag, yaitu airbag yang dipasangkan pada sisi yang dekat dengan kaca jendela. Sedangkan, Omoda 5 memiliki itu.

Fitur keselamatan yang ditawarkan oleh Omoda 5 ialah Brake Point System, Emergency Lane Keeping, Front Collision Warning with Vehicle Identification, Autonomous Emergency Braking, Trafic Sign Recognition, dan Car Lead Departure Sign. Sedangkan, Honda hanya mengandalkan fitur keamanan seperti Honda Sensing dan Honda LaneWatch pada HR-V.

HR-V memiliki automatic head lamps yang dapat memudahkan pengendara dalam menyesuaikan penggunaan lampu depan. Sedangkan, Omoda 5 tidak memilikinya.

Harga

Chery merilis harga untuk Omoda 5 di GJAW 2023 varian termurah Omoda 5 Z Rp329 juta dan varian termahalnya RZ seharga Rp399,8 juta.

Sementara, Honda memasang harga yang lebih mahal, mulai dari varian termurahnya 1.5 L S CVT seharga Rp375,9 juta hingga termahalnya Turbo RS Rp529,9 juta.