Keduanya Tangguh dan Serba Guna, Adakah Perbedaan Mencolok Nissan Terra dan Subaru Crosstrek?
Subaru Crosstrek di GJAW 2023. (Foto: Bagus Muhammad Hafizh/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Mobil Sport Utility Vehicle (SUV) adalah jenis mobil paling diminati konsumen saat ini. Baru-baru ini, dua pabrikan asal Jepang yaitu Nissan dan Subaru merilis mobil SUV teranyar, Nissan dengan Terra dan Subaru dengan Crosstrek. 

Tak hanya memiliki kapasitas yang besar, keduanya juga tangguh dan mampu melaju di berbagai kondisi. Meskipun begitu, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Apa saja kira-kira ?

Mesin & transmisi

Dengan mesin 2,5 liter mesin diesel dan 4-silinder segaris yang dikawinkan dengan sistem tujuh percepatan otomatis, Nissan Terra mampu mengeluarkan daya sebesar 187 dk dan torsi 450 Nm dengan sistem penggerak 4x4.

Sedangkan, Crosstrek memiliki daya yang tidak sebesar Terra. Dibekali mesin berbahan bakar bensin 2,0 liter 4-silinder DOHC yang digabungkan transmisi otomatis delapan percepatan, mesin yang dihasilkannya sebesar 154 dk dan torsi 196 Nm.

Dimensi

Nissan Terra unggul dalam segi dimensi. Memiliki panjang 4.900 mm, lebar 1.865 mm, tinggi 1.865 mm serta wheelbase 2.859 mm.

Sedangkan, Crosstrek memiliki panjang 4.480 mm, lebar 1.800 mm, tinggi 1.600 mm dan wheelbase 2.670 mm.

Fitur 

Nissan Terra memiliki fitur yang tidak dimiliki oleh Subaru Crosstrek, yaitu Wireless Charger, Follow Me Home Headlamps, dan Automatic Headlamps.

Sedangkan, Subaru Crosstrek memiliki fitur Adaptive Cruise Control. Sedangkan, Terra tidak memilikinya.

nissan
Nissan Terra di GJAW 2023 (Foto: Bagus Muhammad Hafizh/VOI)

Harga

Dengan banyak hal yang ditawarkan pada Terra, Nissan membanderol Terra terbaru dengan harga Rp478 juta.

Sedangkan, Subaru mematok harga untuk SUV teranyarnya, Crosstrek lebih mahal dengan Rp549 juta.