Deretan Mobil Listrik Paling Menarik Perhatian di GJAW 2023
Kia EV6 yang dipamerkan di GJAW 2023. (Foto: Bagus Muhammad Hafizh/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Dalam pameran Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 (GJAW 2023) yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, sejumlah produsen mobil memamerkan Electric Vehicle (EV) atau kendaraan listrik unggulan mereka. 

Berdasarkan penelusuran VOI, terdapat beberapa mobil listrik yang menarik perhatian pengunjung selama GJAW 2023 berlangsung, di antaranya:

MG4 EV

mgev

Sudah bukan rahasia lagi bila MG4 EV merupakan salah satu mobil listrik yang paling menarik perhatian dari berbagai pihak. Tak hanya masyarakat biasa, namun juga dilirik pejabat.

Dengan bentuk eksteriornya yang sangat futuristik nan sporty, MG4 EV dibekali permanent magnet synchronous dengan baterai lithium iron phosphate yang mampu menghasilkan daya sebesar 170 dk dan torsi 250 Nm.

Dengan kapasitas baterai 51 kWh, MG4 EV dapat menempuh jarak hingga 425 km saat baterainya terisi penuh, menurut pengujian dari NEDC. Untuk pengisian daya, baterai hatchback listrik tersebut dapat terisi 10 hingga 80 persen dalam kurun waktu 35 menit.

Kia EV6

kia

Mobil listrik teranyar dari pabrikan asal Kia, EV6 akhirnya mendarat di tanah air. Dengan ditanami motor listrik berupa baterai Liquid Cooled Lithium-ion, EV6 mampu menghasilkan daya sebesar 321 dk.

Dilengkapi baterai 77,4 kWh, Kia EV6 diklaim dapat menempuh jarak 506 km saat keadaan baterai penuh. Untuk pengisian baterai, Kia menawarkan daya pengisian sebesar 800V dan diklaim merupakan pertama di dunia yang yang dapat menawarkan sistem pengisian super cepat dari 10 hingga 80 persen dalam waktu 18 menit.

Citroen e-C4

citroen

SUV teranyar dari produsen otomotif asal Perancis, Citroen tersebut juga cukup menarik perhatian pengunjung. Dalam debutnya di GJAW 2023, Citroen berhasil memikat perhatian para pengunjung dengan membawa e-C4 ke booth mereka.

Mengandalkan satu motor listrik Permanent Magnet Synchronous pada roda depan, daya yang dapat dihasilkan dari mobil ini mencapai 100 kW atau 134 dk dan torsi 260 Nm. 

Dengan menggunakan baterai lithium berkapasitas 50 kWh, e-C4 dapat berjalan sejauh 350 km dalam keadaan baterai penuh. Pengisian dayanya juga cukup cepat dengan hanya membutuhkan waktu 30 menit dari nol persen hingga 80 persen.

Toyota RAV4 GR Sport

ravr

Berbeda dari mobil lainnya, RAV4 merupakan mobil Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV), yaitu gabungan antara mesin bensin dengan motor listrik. Namun, bisa mengisi daya dengan mengecas baterai.

Dilengkapi mesin bensin 2,5 liter yang dipadukan sistem i-AWD dan gabungan dengan motor listrik yang dapat menghasilkan daya sebesar 302 dk. Toyota RAV4 GR Sport diklaim dapat melaju hingga 60 km hanya dengan menggunakan baterai saja.

Mitsubishi Minicab MiE

mit

Mobil mungil dari Mitsubishi tersebut memiliki baterai lithium-ion yang memiliki kapasitas tidak terlalu besar, yaitu 16 kWh. Namun, mobil ini mampu berjalan hingga 150 km dalam keadaan baterai penuh. Minicab MiEV dibekali motor listrik dengan daya 40 dk dan torsi 196 Nm.

Nah, sebelumnya PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) juga telah mengumumkan akan memproduksi mobil listrik Mitsubishi Minicab-MiEV di Indonesia mulai awal tahun 2024. Dengan begitu, kendaraan ini akan menjadi produk mobil listrik pertama dari Jepang yang diproduksi di negara ini. Selama ini, mobil listrik merek Jepang didatangkan secara completely built up (CBU).