Citroen Ami Buggy, Mobil Mungil dari Perancis seperti Renault Twizy
Citroen Ami Buggy. (Foto: Bagus Muhammad Hafizh/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Pameran Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 (GJAW 2023) memamerkan banyak mobil di JCC Senayan, Jakarta. Namun, ada satu mobil unik nan langka di booth milik Citroen.

Mobil tersebut bernama Citroen Ami Buggy. Mobil ini tergolong langka karena hanya diproduksi sebanyak 50 unit di dunia, satu di antaranya dipamerkan di Indonesia. Mobil mungil tersebut didatangkan dari negara asalnya, Perancis.

Ami Buggy cukup sukses menyita perhatian publik yang berada di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan. Mobil ini hanya berdimensi panjang 2.410 mm, lebar 1.390 mm, dan tinggi 1.525 mm. Ini lebih mungil daripada mobil listrik mungil milik Wuling air EV.

Mobil Buggy tersebut memiliki pintu berbahan dari besi. Bahkan, pengemudi pun dapat terlihat dari luar. Posisi setir pada Ami Buggy masih di posisi kiri, tidak heran bila mobil ini tidak untuk dijual.

Dengan dibekali motor listrik yang mampu menghasilkan daya 8 dk atau 6 kW, kecepatan maksimal dari Ami Buggy hanya 45 km/jam. Dengan baterai berkapasitas 5,5 kW, mobil ini mampu berjalan hingga 70 km dalam keadaan baterai penuh.

Tentunya Citroen Ami Buggi mengingatkan penggemar otomotif pada mobil mungil dari negara Perancis lainnya, yaitu Renault Twizy. 

Namun, Renault Twizy jauh lebih cepat dengan mesin 3CG-electric asynchronous yang mampu mengeluarkan daya sebesar 17 dk dan dapat melaju hingga 80 km/jam. Twizy dapat melaju dari 0-45 km/jam hanya dalam waktu 6,1 detik.