Deretan Mobil Ini Layak Diamati di IIMS 2023, Mulai dari Esemka Hingga Hyundai
Esemka Bima EV. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di JIExpo Kemayoran, Jakarta, pada Kamis, 16 Februari. IIMS 2023 berlangsung selama 11 hari hingga 26 Februari mendatang.

IIMS 2023 sendiri dimeriahkan lebih dari 40 merek otomotif. Pameran ini menampilkan deretan mobil keluaran terbaru.

Beberapa membawa mobil konsep yang belum pernah diperkenalkan sebelumnya, sehingga menarik untuk dilihat.

Berikut beberapa "bintang" IIMS 2023 menurut VOI layak untuk diamati.

1. Esemka

Awal tahun ini masyarakat dikejutkan kabar mendadak dari mobil Esemka. Lama tak terdengar kabarnya, Esemka mengumumkan tampil di ajang IIMS 2023. Merek yang diidentikkan oleh masyarakat sebagai alat politik Jokowi ini manggung di IIMS 2023 dengan memperkenalkan dua jenis mobil andalannya.

Di IIMS 2023, ada dua model mobil Esemka yang dipamerkan, yakni Bima 1.3 dan Bima EV atau Electric Vehicle. Untuk Esemka, Bima 1.3 merupakan barang lama, sedangkan Bima EV merupakan model baru yang menggunakan mesin listrik.

2. Suzuki

Selain Esemka yang tiba-tiba muncul, kejutan lainnya datang dari Suzuki. Pada penyelenggaraan IIMS 2023, Suzuki Indomobil Sales (SIS) menggemparkan panggung dengan merilis Grand Vitara. Ya, nama ini jelas sudah tidak asing lagi mengingat mobil bergenre SUV ini pernah meramaikan jalanan di Indonesia sejak 90-an sampai awal 2000-an.

Berbekal teknologi pintar, Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS), Grand Vitara lahir kembali dan menjadi mobil dengan teknologi elektrifikasi di kelas Medium Sport Utility Vehicle (MSUV). Sebagai city cruiser yang modern, Grand Vitara hadir dengan sentuhan desain eksterior yang elegan, tangguh serta sporty yang dapat memperkuat penampilan dan gaya hidup keseharian para penggunanya.

Kelengkapan fitur dan kenyamanan yang terdapat pada Grand Vitara diketahui dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar masa kini. Ditambah dengan mesin yang ramah lingkungan dan memberikan efisiensi optimal. Perpaduan tersebut memberikan impresi positif dan membuat Grand Vitara menyenangkan untuk dikendarai.

3. Wuling

Kemudian ada Wuling Motors yang turut meluncurkan mobil barunya di pasar otomotif dalam negeri. Kali ini, Wuling memperkenalkan produk terbarunya Alvez dan baru pertama kali debut di pameran otomotif IIMS 2023.

Wuling Alvez merupakan mobil baru yang bersaing di pasar SUV compact. Oleh karenanya, mobil ini akan jadi pesaing dari Honda HR-V hingga Hyundai Creta. Tidak hanya spesifikasinya saja yang jadi ancaman, tetapi harga mobil ini juga terhitung cukup murah, yakni sekitar Rp200 jutaan.

4. Chery

Kemudian, PT Chery Sales Indonesia (CSI) yang di ajang Indonesia International Motor Show 2023 ini secara resmi mengumumkan harga Omoda 5. Seperti diberitakan sebelumnya, Chery Omoda 5 sudah dipamerkan sejak Chery pertama kali mengumumkan untuk kembali meramaikan pasar otomotif Indonesia.

Dari tampilannya, mobil ini sangat menyita perhatian, modern dan futuristik menyelimuti bodi Omoda 5. Limpahan fitur-fitur canggih turut melekat pada Omoda 5 yang ditawarkan dalam dua varian, yakni Z dan RZ. Kendaraan ini juga layak dilihat saat Anda mengunjungi IIMS 2023.

5. Mitsubishi

Ada pula Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) yang memperkenalkan Mitsubishi XFC Concept, sebuah mobil konsep compact.

Mitsubishi XFC Concept hadir dengan compact SUV generasi yang menawarkan desain SUV "Silky and Solid", sehingga mengesankan interior kabin yang sangat nyaman untuk mendukung petualangan kehidupan sehari-hari yang aman dan nyaman bagi para penggunanya.

Selain itu, kendaraan tersebut juga dibekali empat mode berkendara, di antaranya normal, gravel, mud dan wet. Seluruhnya telah disesuaikan untuk penggunaan di jalan raya Asia Tenggara.

Mitsubishi XFC Concept turut menawarkan 'Smart & Quality Control' dengan teknologi yang dapat menambah kenyamanan dari sebuah SUV yang sporty.

6. Hyundai

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) resmi meluncurkan edisi terbaru dari lini sport utility vehicle (SUV), yaitu Hyundai CRETA Dynamic Black Edition.

Mobil ini sendiri memiliki tampilan yang futuristik dan stylish. Selain itu, ada perpaduan teknologi canggih Hyundai seperti Hyundai Bluelink, sehingga menjadikan Hyundai CRETA Dynamic Black Edition sebagai salah satu kendaraan yang menarik.

Sisi depan mobil ini juga masih menonjolkan keunikan CRETA dengan Black Front Grille dilengkapi dengan lampu Parametric Jewel Hidden-Type DRL, dan juga Black Front Grille Garnish.

Selain itu, mobil ini juga memiliki tampilan berbeda pada bagian emblem dengan Dark Monochrome Front H-emblem. Pada bagian bawah, terdapat Black Front Bumper Garnish dan Black Front Body Kit sehingga memberikan kesan yang semakin stylish.

Dengan mengusung konsep "Those Who Love Black Live Colourful Lives", Hyundai CRETA Dynamic Black Edition ini dibanderol dengan harga Rp350 juta on the road DKI Jakarta.