Penjualan Kendaraan Listrik di IIMS 2023 Meningkat, Siapa yang Paling Terlaris?
Ilustrasi mobil listrik. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Penyelenggaraan pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, telah berakhir pada Minggu, 26 Februari 2023.

Momen itu berhasil mendongkrak penjualan kendaraan listrik di tahun ini.

Seperti diketahui, pemerintah Indonesia sedang mendorong peningkatan penggunaan kendaraan listrik.

Selain ramah lingkungan, ini juga dilakukan untuk menekan anggaran subsidi yang semakin meningkat untuk bahan bakar minyak (BBM).

General Manager Dyandra Promosindo Rudi MF mengaku senang dengan tren kendaraan listrik yang ada di pameran tahun ini.

Terlebih, ada banyak produsen baik roda dua dan roda empat, yang turut memperkenalkan model kendaraan terbaru mereka.

"Per Jumat (24/2/2023) kami telah rekap, tetapi belum sampai kategori mobil ICE atau mobil listrik. Cuman kalau lihat trennya makin banyak yang sudah jual (kendaraan) listrik," kata Rudi di JIExpo Kemayoran belum lama ini.

Di IIMS 2023, kata Rudi, ada sejumlah produsen yang meluncurkan mobil listrik seperti MG4 EV dan Esemka Bima EV yang mulai dijual di Indonesia.

Sementara DFSK Glory E3 hanya diperkenalkan saja dan baru tes pasar.

"Tahun lalu, baru satu (mobil listrik) sekarang ada Wuling Air EV, bahkan MG juga sudah, Toyota juga ada. Mudah-mudahan rekapnya sama kayak tahun lalu dan semakin meningkat," ujar Rudi.

Pada IIMS tahun lalu, penjualan mobil listrik memang meningkat signifikan setelah Hyundai meluncurkan Ioniq 5.

Kendaraan ramah lingkungan tersebut menjadi idola konsumen, bahkan sampai sekarang indennya membutuhkan waktu hingga setengah tahun lamanya.

"Kalau lihat IIMS 2022, satu brand, kan, sudah mem-publish angkanya itu yang mencetak transaksi tertinggi Hyundai, Rp1,2 triliun selama 11 hari. Di-break down mayoritasnya itu kendaraan listrik Ioniq," jelas Rudi.

Melihat jumlah penjualan tahun lalu, lanjut Rudi, pihaknya optimistis IIMS tahun ini juga dapat meningkatkan penjualan kendaraan listrik.

Terlebih dari roda dua juga ada yang baru meluncurkan brand mereka di Indonesia, yang diyakini cocok untuk kebutuhan mobilitas sehari-hari.

"Mudah-mudahan (hasil) rekapan nanti ada peningkatan. Bahkan, kalau melihat tren tahun lalu, beberapa brand sudah memisahkan kategori. Ada 12 brand motor listrik, jadi rilis kontribusi varian ICE dan listriknya sudah bisa terlihat," imbuhnya.

Sekadar diketahui, IIMS 2023 telah digelar oleh Dyandra Promosindo, pada 16-26 Februari 2023, dengan menghadirkan 45 brand otomotif.

Adapun brand roda empat yang turut hadir, di antaranya Astra Daihatsu, BMW, Chery, DFSK, Honda, Hyundai, Mitsubishi, MG, Subaru, Suzuki, Toyota dan Wuling hingga Indomobil Group yang menghadirkan lima brand, yakni Audi, Citroen, KIA, Nissan, dan Volkswagen (VW).

Selanjutnya, brand roda dua yang hadir, di antaranya yaitu Astra Honda Motor, Benelli-Keeway, Energica, Husqvarna, Italjet, KTM, Niu, Royal Alloy, Royal Enfield dan Yamaha.

Sedangkan brand kendaraan listrik roda dua diikuti oleh Gelis, Ion Mobility, Rakata, Selis dan Smartby.