Bagikan:

JAKARTA - Sejak kembali menunjukkan eksistensinya di pasar Indonesia, Chery langsung melakukan gebrakan untuk bersaing di perindustrian otomotif Tanah Air.

Berawal dari menghadirkan Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro, Chery melakukan revolusi dengan menghadirkan SUV flagship, Omoda 5 di Indonesia. Omoda 5 tidak hanya membuat publik Tanah Air terkesima, melainkan juga dapat berbuat banyak di pasar global.

Berkat tampilan serta performanya, Chery Omoda 5 langsung mendapatkan respon yang positif. Ini diikuti juga dalam segi keamanan yang dimana SUV tersebut mendapatkan nilai bintang lima dalam uji tabrak Australasian New Car Assessment Program (ANCAP).

Presiden PT Chery Sales Indonesia (CSI) dan Wakil Presiden Chery International, Shawn Xu, mengatakan bahwa Omoda 5 dapat diterima oleh banyak kalangan berkat inovasi serta tampilannya yang modern yang membuat SUV ini disukai.

"Kami berkomitmen untuk terus memberikan produk berkualitas tinggi kepada para pelanggan di Indonesia dan seluruh dunia," kata Shawn dalam keterangannya, Kamis, 17 Agustus.

Dalam bursa otomotif global, Omoda 5 menjadi pesaing yang kompetitif bagi SUV dari merek ternama lainnya. Chery mencatat bahwa Omoda 5 menghasilkan penjualan ekspor yang luar biasa dengan peningkatan sebesar 10,73 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya atau sebanyak 15.735 unit.

Selama tujuh bulan pertama, Chery mencatat total ekspor untuk Omoda 5 hingga berjumlah 86.556 unit. Dengan popularitas serta permintaan yang semakin meningkat, kemungkinan penjualan akan mengalami kenaikan yang signifikan.

Tren positif tersebut diikuti oleh penjualan Chery Omoda 5 di Indonesia selama tujuh bulan pertama 2023 yang mencapai lebih dari 1.600 unit. Sehingga, Omoda 5 diposisikan sebagai SUV unggulan dari pabrikan.

Kompetitor

Bersaing dengan Honda HR-V dan Hyundai Creta, Chery Omoda 5 memiliki dimensi panjang 4.400 mm, lebar 1.830 mm, tinggi 1.585 mm, serta jarak sumbu roda sepanjang 2.630 mm.

Omoda 5 diberi opsi dua mesin. Pertama adalah mesin TGDI 1.600 cc yang menghasilkan daya sebesar 194 dk dan torsi 290 Nm. Sedangkan varian kedua adalah mesin 1.500 cc TCI dengan daya 155 dk dan torsi 230 Nm.

Di Indonesia, Chery menghadirkan dua varian dari Omoda 5, yaitu Omoda 5 Z dan Omoda 5 RZ. Harga Omoda 5 Z dipatok sekitar Rp329 juta, sementara tipe RZ dijual seharga Rp399 juta.