Bagikan:

JAKARTA - Kesuksesan besar diraih oleh perusahaan otomotif China, Chery, sepanjang tahun 2023 ini. Mereka berhasil mencatat angka penjualan mobil mencapai satu juta unit.

Pencapaian ini tercatat pada tanggal 20 Agustus, dua bulan lebih cepat dibandingkan dengan tahun sebelumnya, ketika Chery membutuhkan waktu 93 bulan untuk mencapai angka prestisius tersebut.

Pencapaian penjualan ini melibatkan seluruh merek yang berada di bawah naungan Chery, termasuk Chery, Exeed, Jetour, Omoda, dan Jaecoo, dilansir dari Carnewschina, Kamis, 31 Agustus, 

Chery juga mencatatkan penjualan sebanyak 836.845 unit dalam tujuh bulan pertama tahun ini, menempatkannya di peringkat keempat dalam daftar brand China dengan penjualan terbanyak, di belakang Geely dan Great Wall Motors.

Pertumbuhan yang luar biasa yang berhasil dicapai oleh Chery mencapai 48,3 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, dan hanya bisa disaingi oleh pemimpin pasar kendaraan energi terbarukan seperti BYD dan Tesla.

Tahun lalu, perusahaan mobil yang berbasis di Hefei ini berhasil mencapai angka penjualan satu juta unit untuk pertama kalinya dalam sejarahnya, dengan total 1.148.429 unit terjual secara grosir, pertumbuhannya mencapai 32,7 persen, meskipun masih di belakang BYD dan Tesla yang pertumbuhannya lebih pesat.

Meskipun target penjualan Chery untuk tahun 2023 belum tercapai, yang sebelumnya ditetapkan sebesar 2 juta unit, namun mereka berhasil mencapai lebih dari 50 persen dari target tahun 2022.

Dengan pencapaian ini, Chery berhasil bertengger di posisi lima besar perusahaan otomotif dengan tingkat pencapaian target penjualan yang luar biasa.

Keberhasilan Chery tidak terlepas dari kontribusi luar biasa dari Omoda 5, yang terus mencatatkan hasil impresif sejak peluncurannya. Di pasar otomotif global, Omoda 5 menjadi pesaing yang kuat bagi SUV dari merek ternama lainnya.

Chery juga mencatatkan penjualan ekspor yang luar biasa dengan Omoda 5, dengan peningkatan sebesar 10,73 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya, mencapai 15.735 unit.

Dalam tujuh bulan pertama tahun ini, Chery berhasil mengekspor total 86.556 unit Omoda 5, dan dengan permintaan yang terus meningkat, diprediksi penjualannya akan terus naik.

Tren positif ini juga tercermin dalam penjualan Chery Omoda 5 di Indonesia selama tujuh bulan pertama tahun 2023, yang mencapai lebih dari 1.600 unit. Sebagai hasilnya, Omoda 5 ditempatkan sebagai SUV unggulan dari pabrikan ini.