Pendiri dYdX Sarankan Pengembang Kripto Fokus pada Pasar di Luar AS

JAKARTA - Antonio Juliano, pendiri bursa terdesentralisasi dYdX, berbagi pandangannya mengenai arah masa depan pengembang kripto. Menurutnya, fokus utama pengembang kripto seharusnya tertuju pada melayani pasar internasional selama periode lima hingga 10 tahun ke depan.

Juliano berpendapat dalam sebuah pos di platform media sosial X, yang diikuti oleh 49.400 pengikutnya, bahwa peraturan yang tidak pasti di Amerika Serikat tidak sebanding dengan kerumitan atau kompromi yang dihadapi oleh pengembang kripto.

Bagi Juliano, strategi yang lebih baik adalah bagi pengembang kripto untuk membangun produk mereka di negara lain terlebih dahulu, dan kemudian kembali ke Amerika Serikat dalam posisi yang kuat.

"Pengembang kripto sebaiknya sementara berhenti melayani pelanggan di AS dan mencoba memasuki pasar lagi dalam jangka waktu 5-10 tahun. Sebagian besar pasar sebenarnya berada di luar negeri. Sebaiknya inovasi dilakukan di sana, temukan kecocokan produk dengan pasar, lalu kembali dengan kekuatan lebih..."

Menurut Juliano, satu-satunya hal yang penting adalah bahwa kripto harus mengembangkan produk yang memiliki kecocokan pasar 10 kali lebih kuat. "Anda tidak perlu memiliki distribusi yang sempurna untuk melakukan iterasi dan menemukan kecocokan pasar yang kuat, karena ada banyak pasar luar negeri yang besar yang bisa digunakan untuk eksperimen."

Juliano menjelaskan bahwa usaha untuk mendorong regulasi yang lebih ramah terhadap kripto memerlukan waktu, namun hal tersebut dapat dipercepat jika para pengembang kripto berhasil menciptakan produk yang diminati oleh konsumen.

"Namun, hal ini tidak berarti pekerjaan dalam bidang regulasi kripto di Amerika Serikat menjadi tidak penting. Tentu saja penting, karena membutuhkan waktu yang lama (sehingga perlu siap untuk masuk kembali), dan banyak negara akan mengikuti langkah Amerika Serikat," tambahnya. 

Kripto saat ini belum memiliki penggunaan atau pasar produk yang memiliki skala global, sehingga kita belum memiliki pengaruh yang besar dalam pembentukan kebijakan. Oleh karena itu, kita perlu memiliki produk dengan penggunaan yang luas, di mana pengguna (konsumen) secara tegas berkata, 'Ini yang saya butuhkan'."

Pendiri dYdX melanjutkan dengan menyatakan keyakinannya bahwa pada akhirnya masyarakat Amerika akan menyadari bahwa kripto telah dirancang dengan sejalan dengan nilai-nilai dan prinsip-prinsip Amerika.

"Kripto sejalan dengan nilai-nilai Amerika. Apa yang lebih Amerika dan kapitalis selain sistem keuangan yang berasal dari rakyat, untuk rakyat, dan oleh rakyat. Itulah inti dari apa yang kami bangun di sini," pungkasnya.