Tamiya Wild One Menggebrak Jalanan dalam Versi Mobil Listrik yang Legal

JAKARTA - Satu lagi Quadricycle dikenalkan di Uni Eropa. Diketahui, Quadricycle adalah kategori kendaraan mini roda empat, yang dirancang dengan persyaratan yang tidak terlalu ketat jika dibandingkan dengan mobil biasa. Quadricycles memiliki keterbatasan dalam hal berat, tenaga mesin, dan kecepatan.

Setelah cukup lama dirumorkan, mobil mainan legendaris era 1980-an, Tamiya Wild One, kini hadir dalam versi mobil listrik full-size yang dapat dikendarai di jalanan dengan sah. Mobil yang sangat diincar kolektor ini telah diubah menjadi buggy listrik yang memenuhi standar lalu lintas.

Wild One Max namanya dibuat oleh The Little Car Company yang berbasis di Bicester, Inggris. Perusahaan ini terkenal karena mengubah mobil-mobil ikonik seperti Ferrari 250 TR dan Bugatti Type 35 menjadi mobil listrik berukuran kecil.

Wild One Max merupakan tribute kepada Tamiya Wild One, meskipun dengan beberapa penyesuaian agar dapat digunakan di kehidupan nyata. Penyesuaian tersebut antara lain adalah penambahan kabin yang lebih lebar dengan dua kursi, suspensi yang lebih pendek, dan yang paling penting adalah penggunaan wiper kaca depan. Mobil ini ditenagai oleh delapan baterai yang dapat dipertukarkan dengan total kapasitas 14,4 kWh dan memberikan jarak tempuh sekitar 193 km. Beratnya 500 kg dengan kecepatan maksimal mencapai 96 km/jam.

Selain itu, dengan ground clearance sebesar 270mm, sudut approach sebesar 34,1 derajat, dan sudut departure sebesar 50,8 derajat, mobil ini dijanjikan dapat melibas medan berat seperti Land Rover Defender dan Jeep Wrangler.

Untuk dipakai di jalan raya di Eropa, Wild One Max memiliki aturan yang sama dengan aturan quadricycle Citroën Ami, dan mobil ini dapat dipesan dalam bentuk pengemudi di sisi kiri atau kanan, dengan pengiriman awal pada awal 2024.

Dilengkapi dengan kursi Cobra dengan sabuk pengaman empat titik, suspensi yang dapat disesuaikan dari Bilstein, per dan pegas Eibach, layar sentral 5,0 inci, kamera mundur, dan 'giant sticker sheet' seperti yang ada pada versi aslinya, dengan stiker bergaya retro yang dapat ditempelkan.

Dilaporkan oleh Autocar, 9 Juli, pembeli 100 orang pertama, akan mendapatkan paket edisi peluncuran yang meliputi plakat dashboard dari serat karbon, desain roda 'hologram' yang unik, dan sebuah mobil mainan Wild One skala 1/10 yang sesuai untuk dimainkan di rumah.

Wild One Max dijual seharga 35.000 punsdterling atau sekitar Rp680 juta dan akan dipamerkan di stan Eibach dalam ajang Goodwood Festival of Speed tahun ini. Namun karena harga yang cukup mahal, diperkirakan penjualannya tidak selaris quadricycle Citroen Ami yang dijual hanya 8.095 poundsterling atau sekitar Rp154,6 juta.