Topolino EV, Quadricycle Terbaru Kembaran Citroen Ami
Topolino EV. (Dok. Stellantis)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan otomotif asal Italia, Fiat, kembali memperkenalkan inovasi terbarunya dalam bentuk Topolino EV, sebuah kendaraan listrik yang ramah lingkungan dan bebas emisi.

Kendaraan listrik ini ditawarkan untuk semua kalangan, bahkan anak berusia 14 tahun pun diperbolehkan mengendarainya berkat ukurannya yang kecil dan penggunaan yang mudah. Pabrikan Fiat memang menyasar pasar anak muda dengan mobil ini.

Dikutip dari laman Stellantis pada Selasa, 4 Juli, Fiat Topolino mengambil desain dari Fiat 500 "Topolino" yang diproduksi oleh Fiat dari tahun 1936 hingga 1955. Dikatakan sebagai "adik" dari Fiat 500, mobil ini mengusung kesan klasik namun dengan teknologi modern.

Fiat Topolino EV dibangun di atas platform yang sama dengan kendaraan Stellantis lainnya, yaitu Citroen Ami. Kedua mobil mini ini memiliki dimensi yang serupa dengan panjang 2.535 mm, tinggi 1.530 mm, dan lebar 1.400 mm.

2

Tampilan eksterior Fiat Topolino sederhana dan minimalis menampilkan lampu depan kecil bulat mirip dengan Fiat 500, bemper chrome, dan bodi yang lebih halus daripada Citroen Ami. Sementara pada bagian dalamnya, Fiat menyediakan dua kursi, layar digital kecil, port USB, dan kotak penyimpanan untuk barang bawaan.

Di bawah kap mesin, Fiat Topolino ditenagai oleh motor listrik tunggal permanent-magnet synchronous dengan sistem penggerak roda depan. Meskipun hanya memiliki tenaga 7,8 dk, performanya cukup untuk perkotaan dengan kecepatan tertinggi mencapai 45 km/jam. Keunggulan performanya juga didukung oleh bobot ringan mobil ini, hanya 562 kg.

Fiat Topolino menggunakan baterai berkapasitas 5,5 kWh yang memberikan jangkauan hingga 75 km dengan sekali pengisian. Jangkauan ini hampir setara dengan kembarannya, Citroen Ami, yang hanya berbeda 1 km.

Saat ini, Fiat Topolino hanya tersedia dalam satu varian warna yaitu Verde Vita. Namun, Fiat belum mengungkapkan informasi mengenai harga resmi dari kendaraan listrik ini. Sebagai gambaran, kembarannya, Citroen Ami, dijual seharga 8.095 poundsterling atau sekitar Rp154,6 juta.