Inovasi Mobil Listrik Terbaru Mengurangi Penggunaan Tembaga, Dampak Pada Permintaan Logam

JAKARTA - Perusahaan mobil listrik seperti Tesla  dan pesaingnya sedang melakukan inovasi pada kendaraan mereka dengan fokus pada efisiensi, termasuk pengurangan penggunaan tembaga. Menurut para analis industri, perubahan ini dapat membatasi pertumbuhan permintaan tembaga ketika generasi terbaru mobil listrik mulai digunakan di jalan raya. 

Peningkatan penjualan mobil listrik yang pesat, terutama di China, berarti permintaan tembaga akan terus tumbuh hingga akhir dekade ini. Namun, inovasi dalam mobil listrik telah menjadi faktor pembatas, demikian dikatakan dalam dua ramalan terbaru.

Tembaga telah dianggap sebagai salah satu komponen penting dalam transisi energi hijau, salah satunya karena kabel yang dibutuhkan untuk mobil listrik. Mobil listrik bisa menggunakan hingga 80 kg (176 pound) tembaga, empat kali lebih banyak daripada mobil dengan mesin pembakaran internal biasa.

Dalam laporan terbarunya, Goldman Sachs mengungkapkan bahwa mobil listrik menyumbang dua per tiga dari pertumbuhan permintaan tembaga global tahun lalu.

Menurut Goldman Sachs dan konsultan CRU Group, produsen mobil listrik dan baterai telah menemukan cara untuk mengurangi berat dan biaya produksi, yang juga berarti penggunaan tembaga per kendaraan menjadi lebih sedikit.

CRU Group menurunkan perkiraannya untuk penggunaan tembaga dalam satu mobil listrik rata-rata menjadi 51-56 kg antara tahun ini dan 2030. Angka ini lebih rendah dari perkiraan sebelumnya yaitu 65-66 kg dalam periode yang sama.

Goldman Sachs memperkirakan penggunaan tembaga dalam satu mobil listrik rata-rata akan turun menjadi 65 kg per kendaraan pada tahun 2030, dibandingkan dengan perkiraan sebelumnya yaitu 73 kg tahun lalu.

Keduanya menyoroti serangkaian perubahan teknik yang bertujuan untuk meningkatkan jarak tempuh, mengurangi berat, dan meningkatkan efisiensi mobil listrik yang secara keseluruhan akan mengurangi penggunaan tembaga.

Perubahan teknik ini antara lain mencakup pergeseran ke baterai yang lebih kompak di mana sel tidak perlu dihubungkan dengan modul, penggunaan foil tembaga yang lebih tipis dalam sel baterai, dan penggunaan sistem tegangan lebih tinggi yang akan membutuhkan kabel yang lebih sedikit.

"Tesla berharap dengan beralih ke sistem 48 volt untuk baterai sekunder - baterai yang lebih kecil yang digunakan untuk fungsi seperti pencahayaan dan wiper - pada mobil listrik masa depan, kebutuhan tembaga dapat dikurangi menjadi seperempat dari tingkat saat ini," kata Elon Musk kepada para investor pada bulan Mei.

Goldman Sachs menyebut inovasi dalam baterai dan potensi pergeseran ke sistem tegangan lebih tinggi seperti yang dilakukan Tesla sebagai "ancaman utama terhadap permintaan tembaga untuk mobil listrik."

Mereka memperkirakan permintaan tembaga untuk mobil listrik akan mencapai 1 juta metrik ton tahun ini dan 2,8 juta metrik ton pada tahun 2030. Sebelumnya, mereka memproyeksikan permintaan sebesar 3,2 juta metrik ton tembaga dari mobil listrik pada tahun 2030.

Namun, penetrasi yang lebih tinggi dari mobil listrik berhasil mengatasi pengurangan penggunaan tembaga dalam setiap unit.

CRU mengatakan bahwa pada tahun 2030, mobil listrik dan mobil hibrida plug-in akan mencakup 42% dari total penjualan mobil di seluruh dunia, naik dari perkiraan sebelumnya yaitu sepertiga.

Edwards dari CRU mengatakan bahwa beberapa yang optimistis terhadap tembaga mungkin telah meremehkan potensi produsen mobil listrik dalam menghadirkan teknologi yang mengurangi penggunaan tembaga.

Harga tembaga tiga bulan benchmark di London Metal Exchange mencapai rekor 10.845 dolar AS per metrik ton pada Maret 2022, sebagian karena permintaan yang positif untuk mobil listrik, tetapi telah turun hampir seperempat sejak itu.