Dropbox Luncurkan Mesin Pencarian File yang Ditenagai AI
JAKARTA - Perusahaan penyimpanan cloud, Dropbox kembali melirik Kecerdasan Buatan (AI) dengan menghadirkan alat pencarian universal baru, disebut Dash.
Dash merupakan bilah pencarian tunggal, pengguna dapat menggunakannya untuk menemukan file yang disimpan di berbagai layanan terhubung seperti Google Workspace, Slack, Asana, Trello, Outlook, Salesforce, Airtable, JIRA dan lainnya.
"Kami mulai membuat alat yang dapat membantu Anda menghabiskan lebih sedikit waktu untuk mencari dan mengatur semua konten Anda, dan lebih banyak waktu untuk melakukan pekerjaan terbaik Anda secara efisien," ujar Dropbox dalam blog resminya, dikutip Kamis, 22 Juni.
Penelitian dari McKinsey Global Institute menunjukkan, pekerja pengetahuan menghabiskan 8,8 jam seminggu hanya untuk mencari file dan konten. Sementara 69 persen menghabiskan hingga 60 menit sehari untuk bernavigasi di antara aplikasi.
Dash juga didukung oleh pembelajaran mesin, ia belajar, berevolusi dan meningkat ketika semakin sering digunakan.
Selain pencarian universal, ekstensi browser Dropbox Dash juga menyertakan fitur tambahan, seperti Stacks yang merupakan koleksi pintar untuk menyimpan, mengatur, dan mengambil URL.
Baca juga:
- Škoda India Bermitra dengan Near Protocol, Luncurkan Platform Web3 dan NFT "Škodaverse India"
- Apple App Store Hapus Aplikasi Palsu yang Mengaku sebagai Trezor, Namun Aplikasi Tiruan Masih Beredar
- Presiden AS Joe Biden Bahas Kecerdasan Buatan dengan Pakar Silicon Valley
- NASA dan Boeing Mengembangkan Sayap Baru yang Lebih Efisien untuk Pesawat Penumpang
Stacks menyediakan lapisan organisasi yang mudah dibagikan untuk konten cloud pengguna. Terdapat juga fitur Start Page, yakni dasbor tunggal di mana pengguna bisa mengakses pencarian universal Dash, melihat Stacks, mendapatkan pintasan ke pekerjaan terbaru, memulai rapat, mempermudah menavigasi dan kembali ke pekerjaan terpenting.
Ke depannya, Dash akan dapat mengambil informasi pengguna dan perusahaan untuk menjawab pertanyaan serta memunculkan konten yang relevan menggunakan AI generatif.
Dengan begitu, pengguna tidak perlu menyaring semua tautan dan halaman internal perusahaan untuk mencari tahu kapan hari libur perusahaan berikutnya. Pengguna cukup bertanya pada Dash dan mendapatkan jawaban cepat.
Dropbox Dash saat ini baru tersedia dalam versi beta dan bahasa Inggris untuk memilih pelanggan. Untuk bergabung dengan daftar tunggu, kunjungi laman dropbox.com/dash.